USB Flash Drive Untuk Menyimpan dan Memindah Data

09.38


Alhamdulillah punya USB flash drive multifungsi, hadiah hiburan dari TravelNblog ID untuk lomba #Top10Indonesiaku. 

Blog post berjudul 10 Pengalaman Paling Seru Yang Bisa Kamu Rasakan di Kepulauan Derawan, diperhitungkan menjadi salah satu dari lima juara harapan. Terima kasih para juri. Selamat buat 3 pemenang utama.

Saya suka USB-nya, ada tulisan Pesona Indonesia dengan logo khas Indonesia.Travel -Indonesia's official tourism website. Ada kotaknya juga. Warnanya silver, bertuliskan Pesona Indonesia dengan logo Indonesia.Travel juga. 

Kebetulan hadiah ini saya terima di bulan Ramadan, mengingatkan saya pada Ramadan tahun lalu saat buka puasa bersama dengan teman-teman kuliah di resto Urban City, Pacific Place Jakarta. Ada seorang teman bawa oleh-oleh USB Kingmax 2GB. Setiap orang dia bagi masing-masing 2 buah. Saya juga kebagian. Alhamdulillah.

USB Flash Drive dipakai untuk tempat menyimpan apa? Foto? Enggak :D


Selama ini foto-foto saya simpan dalam eksternal hardisk. Jika ada foto yang hendak dicetak atau digunakan untuk suatu keperluan, baru saya pindahkan ke USB. Saya agat takut jika eksternal hardisk dipakai di komputer orang lain. Takut kenapa-kenapa, kena virus misalnya, bisa hilang semua nanti isinya. Pernah beberapa kali mendapati USB yang habis dipasang di komputer tempat cetak foto, eh kedapatan ‘berpenyakit’. Makanya urusan numpang ‘nyolok’ di komputer orang, saya pakai cara aman, pakai USB Kingmax itu. Kalau rusak dan membahayakan isinya, bisa saya ikhlaskan :D

USB Flash Drive lainnya yang pernah diberi oleh teman adalah merk Toshiba, 8GB. Di dalam USB inilah artikel yang pernah saya buat untuk media disimpan, baik yang pernah dikirim, pernah dimuat, maupun yang pernah ditolak. Ada beberapa foto juga tersimpan di dalamnya. Biasanya foto-foto yang akan dikirim ke media. Setelah dikirim biasanya langsung saya hapus.


USB Flash Drive & Eksternal Hard Disk *doc pribadi*

Kadang USB Toshiba itu saya pakai untuk mentransfer foto-foto dari kamera orang lain yang di dalamnya ada foto saya. Misalnya nih, dulu waktu ikut trip Derawan, ada banyak foto dari kamera-kamera teman. Foto-foto itu dikumpulkan oleh Agus ke dalam laptopnya, lalu dibagikan ke peserta trip yang mau. Nah, di USB Toshiba inilah saya minta foto-foto tersebut dicopy. Tapi ternyata, laptop Agus tidak dapat mendeteksi USB saya. Sudah dicoba beberapa kali tapi tetap tidak bisa. Entah apa sebabnya. Padahal setelah saya coba di laptop saya (Toshiba), bisa terdeteksi. Saya buka di laptop Acer juga bisa. Sekarang saya buka dari laptop Lenovo juga bisa.

Foto-foto Derawan tidak bisa dicopy ke USB. Akhirnya semua foto yang ada di laptop Agus dicopy ke eksternal hardisk (punya Agus), dan saya boleh pinjam eksternal hardisk itu untuk dibawa pulang. Agus percaya sekali sama saya. Padahal waktu itu kami baru lima hari kenal. Jadi terharu deh. Gara-gara USB dan eksternal hardisk inilah kami jadi bersahabat baik, bahkan Agus sudah saya anggap seperti adik sendiri. Sampai sekarang pun dia baik, dan dia tetap akan selalu jadi seperti adik saya :) *karena kamu sudah saya anggap adik, nurut sama saya ya Gus! :p

Kembali ke USB, saya hampir belum pernah mengandalkan USB untuk penyimpanan foto. Kalaupun iya, sifatnya hanya sementara. Kalau dulu saya biasanya menyimpan foto dalam CD dan komputer, tapi 4 tahun belakangan ini saya lebih suka menyimpan semua foto dalam eksternal hardisk.


Eksternal Hardisk WD yang saya punya kapasitasnya 500GB. Saya beli pertama kali tahun 2011 di Supermall Karawaci. Waktu itu harganya masih Rp 500.000,- Saya tidak tahu berapa harganya saat ini. 

USB masih handal sebagai alat penyimpan data. Manfaatnya pun tak sekedar sebagai alat penyimpan dan pemindah data. Mengutip keterangan dari website agussale.com, USB flash drive juga berguna untuk menjalankan aplikasi portable, menghubungkan ke jaringan nirkabel, meningkatkan kecepatan boot, sebagai pemutar MP3, membuat disk reset password, dan untuk menjalankan situs web.  

MP3 USB di mobil All New Picanto

Selama ini, semua USB pemberian orang selalu saya simpan dengan baik. Tidak saya berikan kepada orang lain karena merupakan barang kenangan. Kalau ada yang minta, saya akan belikan USB lain untuk diberikan :)

O, ya, ada satu USB lagi, ukurannya paling kecil dan paling tipis, KettenWulf. USB MP3 ini saya dapatkan dari KIA sewaktu membeli All New Picanto tahun 2012 lalu. Kata salesnya waktu itu, USB ini memang sudah satu kesatuan dengan perangkat audio. Untuk memasukkan lagu, sama seperti USB lainnya, via laptop. Saya kira USB Toshiba dan KingMax bisa digunakan di mobil, ternyata tidak bisa karena ukurannya tidak cocok.


TravelNBlog ID, terima kasih hadiahnya!




*Semua foto dokumentasi pribadi 


Share this

Indonesian Blogger | Travel Writer | Email: katerinasebelas@gmail.com |

Related Posts

Previous
Next Post »

16 comments

Write comments
2 Juli 2015 12.56 delete

Cocok dibawa untuk traveling ya mbak Rien :) kalau bawa HD Eksternal lebih makan tempat. Tapi resikonya, saking imutnya suka tercecer ini hehe. FDnya keren euy.

Reply
avatar
2 Juli 2015 12.58 delete

Alhamdulilah, berkah. Iya aku juga kepikiran beli external HDD, gegara laptop sakit kemarin.

Reply
avatar
2 Juli 2015 13.02 delete

USB-nya unik. ada logonya 'Pesona Indonesia'nya. Selamat ya mbak Rien, baru tahu tulisan yang kemarin itu dapat juara hiburan :D

Reply
avatar
2 Juli 2015 13.30 delete

Unik usb nya... Berkah ngeblognya ya mba...

Reply
avatar
2 Juli 2015 14.20 delete

Wah selamat mba Rien dapet flash disk dr Pesona Indonesia ^_^

Reply
avatar
2 Juli 2015 20.07 delete

wah selamat ya mBak Rien, menang mulu nih alhamdulillah, btw FD nya banyak amat, saya ada dua mbak, yang satu 32 gb malah error hehe

Reply
avatar
2 Juli 2015 20.41 delete

waaa..selamat ya mba rieen...kece bingiiit itu usb na...

Reply
avatar
3 Juli 2015 00.57 delete

Pasang tali trus kalungin di leher biar nggak tercecer haha

Reply
avatar
3 Juli 2015 01.03 delete

Alhamdulillah. Iya mbak beli eks HDD biar file fotonya aman. Dulu aku pernah nyimpen foto dalam komputer, pas komputernya ada masalah, simpanan fotonya hilang semua karena waktu itu tidak disimpan di D. Sedih banget, karena nggak punya kenang2an lagi. Sejak itu aku beli eksternal hardisk. Semua foto aku pindahin. Foto-foto yang penting banget, aku simpan di 2 tempat :D

Fotonya hilang semua ya mbak waktu itu? Moga nggak kejadian lagi :)

Reply
avatar
3 Juli 2015 01.04 delete

Kata-kata itu bernuansa travel banget menurutku. Kayak disuruh banyak-banyak melihat pesona Indonesia, trus disimpan dalam USB itu :))

Iya Alhamdulillah dapat hadiah hiburan untuk juara harapan.

Reply
avatar
3 Juli 2015 01.05 delete

Alhamdulillah mbak Ima :)

Reply
avatar
3 Juli 2015 01.05 delete

Alhamdulillah. Terima kasih, Zahra ^_^

Reply
avatar
3 Juli 2015 01.06 delete

Kenapa error mbak? Kepenuhan kah? Mungkin USB nya perlu piknik haha

Alhamdulillah. Terima kasih mbak Evrina :)

Reply
avatar
3 Juli 2015 01.07 delete

Terima kasih mbak Dewi. Kece ada logo Wonderful Indonesia nya :D

Reply
avatar
3 Juli 2015 05.04 delete

Kalo inget flash disc jadi inget jam sma bangga banget punya flash disc 128 Mb terus dikalungin kemana-mana :))

Reply
avatar
9 Juli 2015 04.36 delete

Berasa benda paling berharga banget ya Wir :D

Reply
avatar

Leave your message here, I will reply it soon! EmoticonEmoticon