Popcorn, Cemilan Ringan Kaya Manfaat

14.36
Popcorn Garrett dalam berbagai rasa
Assalamu'alaikum Wr Wb,

Ucapkan kata popcorn pada anak saya, maka dia akan berseru girang sambil mengatakan: “Itu cemilan kesukaanku…!” Lalu tanyakan tentang rasa popcorn, maka dari mulut mungilnya spontan keluar nama-nama rasa berikut: “Original, manis, asin, carameeeeel…” He he.

Popcorn memang kegemaran anak saya. Ini adalah cemilan favoritnya. Jika diajukan pilihan padanya apakah mau permen, ice cream, atau popcorn, pasti yang dipilihnya popcorn. Namun jika ditawarkan popcorn atau buah-buahan seperti jeruk, anggur, dan apel, maka bukan popcorn saja yang dipilihnya, melainkan semuanya. Haha. Ya, dia memang penggemar popcorn, namun untuk urusan buah segar, dia sangat menyukainya. Tak mungkin ditolak.

Siapa yang tidak kenal popcorn? Kebanyakan orang pasti sudah kenal dan pernah makan popcorn. Cemilan ringan terbuat dari jagung ini merupakan cemilan populer dan digemari berbagai kalangan usia, mulai dari anak-anak hingga orang tua, tidak terkecuali saya.

Popcorn White Chocolate

Saat menonton film atau sedang berkumpul di rumah, salah satu cemilan yang pas untuk dinikmati adalah popcorn. Berbicara tentang menonton film, ada teman yang mengidentikkan popcorn dengan bioskop. Katanya, ada bioskop berarti ada popcorn. Hmm…benar juga. Di mana ada bioskop di situ ada counter snack, dan pasti ada popcorn he he.

Di bioskop favorit tempat saya biasa menonton film, Blitz Megaplex, counter pembelian tiket dijadikan satu dengan counter pembelian snack. Biasanya nih, seusai memesan tiket kasirnya langsung menanyakan: “Popcorn-nya, mbak?” Sambil berkata begitu tangannya bergerak gemulai menunjuk etalase penuh popcorn yang ada di sebelahnya, tepat di hadapan saya. Hayaaaah…. Nih kalau ada anak saya, tidak ditawarkan pun pasti sudah minta dibelikan.

Kalau saya sendiri sih kadang masih mikir. Sambil menatap etalase penuh popcorn, saya menghitung kancing: “beli enggak - beli enggak – beli enggak….” Akhirnya karena kelamaan bimbang, saya sampai di colek-colek oleh antrian di belakang, “Buruan dong, mbak!” . Haha. 

Popcorn Garrett
Saya rasa popcorn banyak digemari karena memang ‘ringan’. Cocok untuk menemani waktu-waktu santai. Apalagi kini popcorn telah dikreasikan dalam berbagai rasa sehingga lebih lezat untuk dinikmati. Dan yang lebih penting lagi, popcorn ternyata memiliki manfaat untuk kesehatan, khususnya popcorn polos (original). Dalam sebuah artikel online disebutkan para ilmuwan dan ahli medis baru-baru ini menemukan bahwa popcorn polos kaya nutrisi yang baik untuk tubuh.

Salah satu ulasan menarik yang dilansir Magforwomen dan diposting dalam rubrik Health lifestyle.okezone yang berjudul Manfaat Sehat Tersembunyi Dalam Popcorn, menyebutkan beberapa manfaat kesehatan dari konsumsi popcorn (original) yang perlu diketahui yaitu sbb: 

Popcorn kaya akan antioksidan
Bagian tengah popcorn dikenal penuh antioksidan. Bagian tengah itu adalah kernel yang biasanya sering menyangkut di antara gigi dan sulit untuk mengunyah. Antioksidan yang hadir dalam popcorn disebut polifenol. Popcorn membantu dalam memerangi radikal bebas dalam tubuh yang pada gilirannya mencegah penyakit jantung, kerusakan sel, dan proses penuaan.

Mengonsumsi makanan yang kaya antioksidan juga dikenal untuk membantu dalam mencegah kanker. Satu-satunya alasan bahwa popcorn mengandung lebih banyak antioksidan dibandingkan buah, hal itu karena popcorn tak memiliki kadar air. Popcorn juga dikenal memiliki antioksidan yang disebut ferulic acid yang hadir dalam makanan seperti beras, barley, kacang-kacangan, dan biji-bijian lain yang memiliki manfaat kesehatan yang sama.

Popcorn memiliki sedikit lemak dari makanan ringan lainnya
Karena popcorn adalah makanan yang bisa langsung dikonsumsi tanpa bahan lain, memiliki sedikit kalori. Popcorn juga dikenal memiliki kandungan lemak lebih rendah daripada makanan ringan lain yang penuh keju dan minyak lainnya. Tapi jika makan popcorn dengan proses olahan mentega dan perasa buatan, tak mungkin bisa mendapatkan manfaat kesehatan ini. Popcorn dengan sedikit bumbu adalah makanan yang lezat yang sempurna sekaligus menyehatkan.

Popcorn Cheesy
Popcorn mengandung kebaikan biji-bijian
Karena kernel popcorn dasarnya adalah gandum, maka mengandung semua kebaikan biji-bijian. Para ahli mengklaim bahwa popcorn mengandung vitamin E, B, protein, mineral, minyak sehat, pati dan serat. Jadi ketika mengonsumsi popcorn, kita benar-benar memakan biji-bijian yang merupakan bagian penting dari menu makan harian.

Popcorn mengandung banyak serat
Salah satu manfaat utama dari popcorn adalah hal itu mengandung dosis yang sehat dari serat karena merupakan gandum. Fiber dikenal sangat baik untuk sistem pencernaan. Sebuah jumlah yang baik dari asupan serat bisa membuat kolesterol terus dalam kontrol dan mengatur gula darah. Selain itu, makan popcorn mengurangi ancaman penyakit jantung dan menjaga kebugaran secara keseluruhan tubuh

Popcorn adalah minim proses memasaknya
Salah satu manfaat kesehatan yang tersembunyi dari popcorn adalah minim proses masaknya atau tak sulit. Saat memasak popcorn, mereka akan meletup-letup di dapur dan kita bisa mengonsumsi semua kebaikan dari popcorn tanpa mengonsumsi penambah rasa. Gandum dan  makanan ringan kaya serat lainnya, seperti granola bar atau sereal mungkin mengandung gula penambah rasa, tapi semangkuk popcorn polos merupakan asupan alami dan menyehatkan.
Popcorn sudah seperti makanan wajib saat menonton bioskop. Namun berbagai riset kesehatan selalu menunjukkan bahwa popcorn, terutama dengan tambahan mentega, adalah camilan berkalori besar yang harus dijauhi selamanya.

Nah, siapa bilang popcorn itu tidak bermanfaat? Hehe… Tapi saya sih belum dengar ada yang bilang begitu :)) Sebetulnya awalnya saya sendiri khawatir lho anak saya gemar popcorn. Khawatir tidak sehat. Tapi setelah tahu manfaat yang terkandung dalam popcorn original, jadi tidak khawatir lagi.

Popcorn Mochachino

Mengenal manfaat popcorn membuat saya juga ingin mengenal asal mula popcorn. Dari berbagai sumber yang saya baca, ternyata popcorn telah ada sejak lama. Seperti dikutip dari popcorn.org,  makanan ini telah ada sejak ribuan tahun lalu. Popcorn telah dikenal sebagai makanan yang disajikan oleh suku Indian Aztec di Meksiko. Makanan ini disajikan dalam sebuah upacara penghormatan para dewa Aztec.

Bentuk popcorn untuk persebahan dewa suku Aztec digambarkan sebagai biji jagung kering, yang dipanaskan kemudian pecah mengeluarkan isi dan mengembang berwarna putih seperti bunga yang sangat putih. Suku Aztec menggambarkan popcorn sebagai berkah hujan es yang diberikan oleh dewa air.

Pada tahun 1948, di Bat Cave Meksiko ditemukan biji popcorn yang diperkirakan telah berusia 4000 tahun. Kemudian popcorn berbagai rasa pertama kali diciptakan oleh orang bernama Cracker Jack. Pada tahun 1871 ia bersama seorang imigran dari Jerman, William Rueckheim, menjual popcorn dengan mesin sederhana. Kemudian Cracker jack bertemu dengan rekannya yang menjual marshmallow pada tahun 1893. Kemudian saat World’s Fair pertama di Chicago muncullah ide untuk membuat popcorn yang dilapisi sirup gula.

Awalnya konsumen tidak menyukai rasa popcorn berlapis sirup gula yang lengket dan berbau. Lalu diciptakan resep rahasia untuk membuat popcorn lapis sirup gula yang tidak lengket dan renyah. Inilah awal terciptanya popcorn caramel yang digemari banyak orang. Cracker Jack Company adalah perusahaan pertama yang membuat popcorn karamel.

Popcorn Original Caramel

Di masa sekarang, popcorn telah dikreasikan dalam berbagai rasa. Bukan hanya rasa original, manis, asin, dan caramel tetapi juga rasa pedas dan rasa lainnya. Berikut variasi rasa popcorn yang saya dapatkan dari berbagai sumber. Saya pilih yang rasanya menurut saya paling unik dan bikin penasaran :D
  • Popcorn Bumbu Bawang Putih dan Cabai; rasanya pedaaas
  • Pistachio Caramel Popcorn; gulanya tebal melapisi permukaan popcorn.
  • Chili-Lime Popcorn;  Snack pedas ini cocok dikonsumsi saat udara panas. Rasa jeruk limau yang asam ini menggugah selera setiap orang yang mellihatnya.
  • Sugar and Spice Popcorn; Popcorn manis ini dibuat dengan mencampurkan gula dan kayu manis. Sangat cocok jika disajikan saat pesta. Karena rasanya manis bisa juga dijadikan sebagai camilan pengganti permen.
  • Popcorn Selai Kacang dan Cokelat; Campuran selai kacang dan cokelatnya menciptakan rasa yang asyik.
  • Popcorn Manis Rumput Laut; Rasa manis dan gurih merupakan perpaduan yang sempurna. Rumput laut (nori) yang dicincang kasar ini memberikan rasa baru pada popcorn. Rasa manisnya berasal dari madu yang dipercikkan diatas popcorn.
  • Wasabi Popcorn; penasaran deh sama rasa popcorn satu ini hehe

Begitu beragam rasa popcorn, hingga saya pun bingung mana yang paling enak untuk dinikmati lebih dulu he he. Tapi, apapun rasanya, dinikmati saat santai ataupun saat menonton, pasti enak semua. Namun kembali lagi , jika ingin popcorn yang dapat memberi manfaat untuk kesehatan pilihlah rasa original. Oke...oke?

Yuk beli cemilan popcorn :)

*****

Keterangan:
Sumber semua foto popcorn dari Tokopedia

Share this

Indonesian Blogger | Travel Writer | Email: katerinasebelas@gmail.com |

Related Posts

Previous
Next Post »

Leave your message here, I will reply it soon! EmoticonEmoticon