Percaya Diri Dengan Busana Pilihan Sendiri

12.26


Assalamu'alaikum Wr Wb,

Seperti kebanyakan wanita lainnya, saya pun memiliki kecintaan pada fashion yang membuat saya berkeinginan untuk tampil berbeda di setiap saat. Akan tetapi keinginan seperti ini kerap menggiring saya hanya menjadi modis, bukan fashionable. Padahal fashionable lebih penting ketimbang modis.

Teman saya pernah berkata, “Tidak terampil dalam berpenampilan bisa membuat kita jadi korban mode. Ingin bergaya justru jadi mati gaya.” Saya terkekeh mendengar perkataannya.

Berusaha menjadi fashionabletidak berarti saya telah fasih dengan segala sesuatu tentang fashion. Saya hanya merasa sangat fasih tentang gaya dan type tubuh saya sendiri. Menurut saya ini penting, karena ketika saya mengenali diri saya dan paham dengan apa yang sesuai dengan diri saya, maka saya terhindar dari keliru memilih pakaian.

Rok dan blouse adalah jenis pakaian yang saya gemari. Dalam berbagai acara dan kesempatan, paduan rok dengan blouse kerap jadi andalan. Mengenakan rok membuat saya lebih percaya diri. Sisi feminin diri jadi lebih menonjol. Sedangkan, blouse merupakan baju atasan yang dapat saya gunakan pada berbagai kesempatan. Entah itu untuk acara formal seperti pesta pernikahan, busana kerja, maupun untuk acara santai seperti berlibur dan pergi ke tempat-tempat wisata.

Ada beragam blouse menarik untuk dikenakan, tetapi yang benar-benar cocok dengan saya jumlahnya sangat sedikit. Cocok di sini berarti model, ukuran, warna, dan bahannya sesuai dengan gaya dan type tubuh saya. Nah, yang terjadi selama ini saya justru sangat jarang sekali menemukan blouse yang cocok. Tetapi jika sudah mendapatkan yang cocok, dipastikan saya akan membeli sekurang-kurangnya 6 helai (soalnya susah dicari hihi), asalkan warnanya berbeda.



Saat ini pilihan blouse sangat beragam. Seperti yang saya lihat di sebuah pusat perbelanjaan, di sana terpajang blouse batik, blouse Korea, bahkan blouse London dengan berbagai warna, bahan, corak, model, dan ukuran. Jenisnya pun bermacam-macam, mulai jenis polo, suit, surplice, sportif, princess, peasant, middy, longtorso, hingga empire. Semua ada, bagus-bagus pula.

Untuk keperluan berlibur, saya pribadi menginginkan blouse simple yang nyaman dipakai untuk berbagai acara dan kondisi cuaca. Nyaman dikenakan di pantai, di gunung, bahkan kalau bisa juga nyaman digunakan di dalam air. Hehe. Multifungsi ya. Jadi, ketika saya bermain di pantai dan kemudian ingin berenang, snorkling, atau bahkan diving, baju itu bisa langsung digunakan tanpa harus ribet gonta ganti.

Praktis itu perlu. Apalagi saat berlibur. Tetapi, apa ada blouse seperti itu?

Ada banyak!

Suatu waktu saya mendatangi sebuah mal. Setelah berkeliling dari butik ke butik, terdamparlah saya di sebuah dept. store. Usai melihat-lihat ribuan blouse cantik menggoda hati, saya bertemu dengan Graphis. Woaah saya langsung jatuh cinta. Bukan asal jatuh cinta lewat mata, tapi juga lewat tubuh. Ya iyalah lewat tubuh. Kan mesti di coba dulu. Kalau hanya pas di mata tapi tidak pas di tubuh, ya mana cocok. He he.

Blouse Graphis itu panjangnya hingga melewati paha. Hampir selutut! Lengannya panjang tapi pas di tangan saya. Wah cocok nih blouse dengan kriteria saya. Bahannya perpaduan dari Rayon, Spandex, dan Sateen. Eh, saya heran, kok ada ya 3 bahan bersatu dalam 1 baju? Keterangan yang tertulis di blousenya sih begitu. Setelah saya gugling, ternyata benar memang ada. 


Menemukan blouse graphis seperti menemukan harta karun. Saking senangnya semua warna yang ada saat itu saya borong. Kebetulan yang tersedia memang warna-warna wajib punya. Ada merah, hitam, abu-abu, kuning, dan ungu. Mungkin bagi orang lain saat itu saya terlihat rakus. Padahal sebetulnya 2 tahun (2 tahun, lho!) sejak baju-baju itu dibeli, saya tidak pernah membeli lagi.

"Aih, kamu modis sekali,” komentar seorang teman. GR pangkat sejuta deh jadinya hehe. Belum tahu dia kalau blouse yang saya pakai saat itu adalah blouse-blouse yang sama ketika saya pakai backpaking ke Lombok, Bukittinggi, Bromo, Gunung Kidul Yogyakarta, Badui, bahkan saat jalan-jalan ke Derawan. Dimana modisnya coba? :D

*Catat: modis = uptodate. Tidak beli baju-baju terbaru = tidak modis* :))

Kenapa saya tidak belanja blouse lagi? Berat di harga, bisa jadi itu sebuah alasan. Tapi sebetulnya karena blouse seperti Graphis itu sudah tidak saya temukan lagi alias tidak diproduksi lagi. 

Lalu dimana kepuasan saya dalam berbusana?

Ada di saat saya mengenakan busana sesuai dengan yang saya inginkan. Sesuai dengan gaya dan type tubuh saya sendiri. Bukan seperti yang orang lain kenakan, bukan seperti yang orang lain inginkan. Saya merasa nyaman mengenakannya, tidak berlebihan, membuat saya terlindung dari tindak kejahatan, dan tentunya harus sesuai adab berpakaian dalam agama dan budaya Timur, maka disitulah letak kepuasan itu.

So, jadilah fashionable, bukan modis.



Blouse: Graphis. Rok: Colorbox. Sandal (foto paling atas): Nevada. Boot Wedges Suede (foto paling bawah): ăndrĕ. Backpack: Eiger. Jilbab : Zoya. Topi: ga bermerk! Beli ketika jalan-jalan di pantai Kuta Bali. Lokasi foto: Pantai Kuta Lombok. Foto 1-2-3 oleh: Andriyani. Foto bawah oleh: Fathia.N.


Share this

Indonesian Blogger | Travel Writer | Email: katerinasebelas@gmail.com |

Related Posts

Previous
Next Post »

10 comments

Write comments
7 November 2014 16.09 delete

Beberapa kali lihat foto mb rin, aku selalu suka gayamu. Mosidnya dapet, fashionable-nya dapet *komen sok pakar busana :v
kalau aku, sekarang lagi gandrung sama blouse-blouse Korea. Secara blouse Korea itu bahann lembut dan ukurannya cocok untuk tubuh mungilku.

Reply
avatar
8 November 2014 19.34 delete

Setiap kali liat gaya berbaju mba rien itu enak bgt, simple dan nyaman tp ttp stylish. Blouse dan baju2 berwarna itu pilihan utama bgt kyknya buat mba rien. Akupun begituu, krn klo pake warnaa seger diliat dan klo difoto jd stand out!

Reply
avatar
10 November 2014 11.11 delete

Saya suka sama stylenya mb rien.. simple, nyaman dan kombinasin dalam berpakaiannya bisa masuk kemana az.. pas difoto jg terlihat oke.. saya acungin jempol buat mb rien.. :)

Reply
avatar
14 November 2014 07.52 delete

Terima kasih sudah menjelma pakar busanaku mbak. Lagi dong komentarnya haha
Wah, menarik testimoni blouse Korea-nya. Aku belum pernah nyoba. Mau ah kapan-kapan hunting. Kapan ya kita foto bareng pake blouse Korea? :D

Reply
avatar
14 November 2014 07.58 delete

Iya, Fid. Warna-warna terang tuh mbak paling suka. Warna merah, kuning, orange, biru, semuanya warna wajib punya. Kalo pake yang gelap rasanya kok ya jadi makin imut haha Jadi gak PD. Anehnya, ga suka warna gelap tapi malah punya beberapa baju gelap :D

Betul Fid, warna cerah kalo di foto menonjol banget. Bagus dilihat.

Reply
avatar
14 November 2014 08.04 delete

Kadang-kadang aku ga terlalu memikirkan penglihatan orang apakah busana yg aku pakai itu bagus atau enggak, tapi lebih memikirkan apakah yg aku kenakan nyaman atau enggak. Kalo udah nyaman, trus ternyata bagus dilihat, ya itu bonusnya :))

Terima kasih, Dwi :)

Reply
avatar
16 November 2014 22.10 delete

Aku suka ngiri loh sama dandanan Mbak Rien. Modis poolll. Bisa mempadu padankan baju dgn apik. Aku kalau udah malas ya asal samber aja =__="

Reply
avatar
16 November 2014 23.28 delete

Sampai sekarang zahra msh juga blm bisa menentukan busana yg pas mba. Suka bingung yang cocok spt apa ya. Dgn membaca postingan ini, zahra jd dpt ide untuk mencoba berbusana spt mba rien, sp tau cocok ya :D (makasih udah kasih tau brand nya mba :D)

Reply
avatar
17 November 2014 07.31 delete

Nah itu....asal samber saja itu sebetulnya karena Tari punya kelebihan. Soalnya tubuh Tari tinggi. Pake baju model apa saja mudah cocok. Ga perlu mikirin bakal kelihatan tenggelem oleh baju panjang atau rok lebar. Beda denganku yang ga menjulang, setiap milih model baju bener2 mesti dipikirin :D

Reply
avatar
17 November 2014 07.50 delete

Dari yang mbak lihat selama beberapa kali ngetrip bareng2, pilihan busana Zahra sudah sesuai. Pakai celana+blouse bagus, pakai rok+blouse juga manis. Zahra kan lebih tinggi ya dari mbak Rien. Dan badannya juga lebih berisi. Jadi tidak perlu mengakali badan yang kecil seperti mbak Rien.

Kalo utk rok, paling saran mbak Rien pilih yang atasannya ada sambungan, entah itu pada bagian bawah dada atau pinggang. Biar terkesan lebih manis.

Oh iya, sama-sama ya Zahra. Kebetulan saja nemu Graphis, soalnya cocok :D Tapi brand lainnya juga ada yang serupa blouse G. Hanya saja ukurannya tidak pernah sama persis. Mbak kalo beli mesti permak lagi :D

Reply
avatar

Leave your message here, I will reply it soon! EmoticonEmoticon