[Derawan Trip] Perjalanan Menembus Garis Batas

20.54

 Selamat datang di Tarakan

Assalamu'alaikum Wr Wb,

Ini tentang orang-orang yang saya temui sepanjang perjalanan ke bagian timur Borneo. Menuliskannya adalah sebagai bentuk penghormatan saya pada kenang-kenangan tentang mereka.

Keberadaan merekalah yang membuat perjalanan selama 5 hari itu menjadi indah. Sejak awal berangkat, hingga akhirnya pulang dan kembali ke tempat asal masing-masing. Bahkan, setelah perjalanan itu berakhir, kenangan itu semakin manis untuk dikenang. Menceritakan tentang mereka, sembari merefleksikan pelajaran-pelajaran yang saya dapat selama berjalan bersama mereka.

Der Weg ist das Ziel.
Perjalanan itu sendiri yang menjadi tujuan. *jadi inget bukunya mbak Ira*


Selamat jalan menuju Derawan

Selamat jalan menuju Goa Simbat

Bahwa perjalanan memang bukan tentang destinasi, tapi tentang perjalanan itu sendiri. Bukan pula tentang seberapa banyak destinasi populer yang dituju. Tetapi tentang seberapa banyak diri terkoneksi dengan orang-orang yang membentuk kenyataan di tanah kehidupan. Juga tentang seberapa banyak pelajaran berharga yang bisa diimplementasikan dalam kehidupan sehari-sehari, setelah perjalanan itu sejenak berhenti di ruang kosong ataupun kemudian berlanjut kembali.

Dan saya merasa, itulah yang saya peroleh dari petualangan 5 hari di pulau-pulau  menakjubkan bernama Derawan, Maratua, Sangalaki, dan Kakaban.

 Selamat datang di Pulau Gusung (Maldives Indonesia)

Selamat datang di Danau Kakaban

Kecintaan saya pada negeri bernama Indonesia ini, bukan hanya pada segala keindahannya yang tak tertandingi oleh negeri-negeri nun jauh, tapi juga pada segala kekurangannya. Pada orang-orangnya yang berbeda suku, bahasa dan agama. Dan saya menghormati mereka dengan segala perbedaan yang ada. 


Perjalanan ini tentu saja tentang pengalaman saya bertemu teman-teman baru, dan orang-orang baru di tempat baru yang saya temui sepanjang perjalanan. Selebihnya, adalah tentang pengalaman luar biasa menjejak salah satu tempat indah di sisi bumi bagian Indonesia yang Allah letakkan di Borneo. Yang mungkin suatu hari nanti, akan menjadi kisah pengantar tidur untuk cucu-cucu saya. Atau kepada siapapun yang ingin mendengar tentang negeri elok berjuluk Zamrud Khatulistiwa.

 Selamat datang di Pulau Sangalaki

Selamat makan di Maratua Paradise

Alhamdulillah atas kesempatan berharga yang diberikan, dimana telah Ia perjalanankan kaki ini ke tempat-tempat menawan yang selama ini hanya saya dengar lewat cerita orang-orang. Maka nikmat Tuhan manakah yang kamu dustakan? Menjejak daratan berlimpah pemandangan rupawan, juga di lautan yang keindahan isinya sungguh tak terperi.

Perjalanan boleh jadi berakhir. Jarak dan waktu pun boleh jadi menjelma garis batas. Namun, jalinan rasa dan persahabatan akan menjadi penembusnya. Dan ada doa yang akan selalu menjadi penghubungnya.


 Selamat menyelami keindahan bawah laut Derawan

Selamat menanti matahari terbit di Pulau Derawan


Selamat datang kembali di Jakarta
 

Share this

Indonesian Blogger | Travel Writer | Email: katerinasebelas@gmail.com |

Related Posts

Previous
Next Post »

3 comments

Write comments
23 April 2014 09.32 delete

wah asik mbakyu jalan2 mengenal Indonesia terus :D

Reply
avatar
23 April 2014 18.54 delete

Derawan = extremely beautiful... Makasih bwt postingannya Mbak Rien #kereeen... next kita nge-trip bareng2 lagi ��

Reply
avatar

Leave your message here, I will reply it soon! EmoticonEmoticon