Bali Save Mangrove, Save Earth

14.21

Indonesia memiliki hutan mangrove terluas di dunia
Dengan garis pantai 95.181km yaitu seluas 3,7juta hektar, Indonesia merupakan negara yang memiliki hutan mangrove terluas di dunia

Keistimewaan Hutan Mangrove atau Hutan Bakau:
  • Mangrove berakar banyak dan kuat, batangnya kokoh mampu melindungi daratan dari abrasi ombak laut, bahkan dapat mengurangi bahaya tsunami.
  • Mangrove berfungsi sebagai filter polusi air. Pohon Bakau mampu tumbuh pada tanah lumpur yang mengandung limbah.
  • Mangrove menyerap karbon dari udara 4-5 kali lipat lebih besar dari jenis pohon lain. Mangrove sangat potensial dalam pencapaian target penurunan emisi gas rumah kaca 26%.
  • Perairan Mangrove menjadi tempat hidup yang nyaman bagi berbagai jenis ikan dan biota laut lainnya untuk mencari makan, memijah dan berkembangbiaknya.
  • Mangrove menghasilkan kayu, biji, buah, dan daun yang kesemuanya dapat diolah menjadi berbagai produk dan bahan makanan. Arang Bakau merupakan energi terbarukan yang berkualitas tinggi mengandung kalori lebih besar dibandingkan arang jenis kayu lainnya.
  • Mangrove potensial sebagai taman kota yang dapat dikembangkan menjadi ekowisata.
Telah ditetapkan Peraturan Presiden No.73 tahun 2012 tentang Strategi Nasional Pengelolaan Ekosistem Mangrove Indonesia.

Gerakan "Save The Mangrove, Save The Earth" dicanangkan di Telaga Waja Benoa Bali Indonesia, pada 26 Juni 2013 dengan menobatkan Christiano Ronaldo sebagai Duta Mangrove Bali-Indonesia oleh Menteri Kehutanan Republik Indonesia, Zulkifli Hasan.

Menyelamatkan mangrove, berarti menyelamatkan bumi, menyelamatkan bumi berarti menyelamatkan kehidupan. Mari semua aktif menjaga dan menghijaukan kembali hutan mangrove. #KEMENHUT 2013


*Sumber gambar pertama dan kedua dari  Indonesia Travel


===ooo000ooo===

Tentang Christiano Ronaldo -mega bintang sepak bola asal Portugal yang memperkuat Real Madrid- yang akan hadir di Bali pada 25 Juni 2013 lalu, sebenarnya sudah saya ketahui dari koran Republika sehari sebelum kehadiran Christiano Ronaldo di Indonesia.

Kabar yang membuat saya antusias saat pertama kali mengetahuinya, dan berharap bisa mengikuti liputannya lewat televisi. Sayangnya karena sesuatu dan lain hal, saya tak bisa bebas mantengin TV. Meskipun aplikasi TV sudah saya install di Android, yang memungkinkan saya bisa menonton tayangan berita di manapun saya berada, tetap saja saya tak benar-benar bisa menyaksikan liputannya.

Seperti yang diberitakan, Christiano Ronaldo berada di Bali selama tiga hari dalam rangka mengisi rangkaian acara pencanangan kampanye selamatkan bakau bertajuk "Bali Save Mangrove, Save Earth (BSMSE).

Sebenarnya, tanpa menonton pun toh saya bisa bisa mendapatkan beritanya lewat media cetak dan online. Tapi ya itu tadi, melihat gambar dengan membaca huruf ada perbedaan hehe... Jangan-jangan karena saya pingin lihat wajah gantengnya Christiano Ronaldo? Haha...ga lah. Yang jelas, saya kagum dengan orang yang peduli pada lingkungan. Tak terkecuali pada Christiano Ronaldo
  
Artikel online Indonesia Travel menyebutkan bahwa Christiano Ronaldo didapuk sebagai Duta Forum Peduli Mangrove Bali dan Duta Mangrove Indonesia oleh Forum Peduli Mangrove. Forum tersebut merupakan wadah untuk menyatukan visi serta menjalankan misi perlindungan, pelestarian dan pemanfaatan mangrove. Bali Save Mangrove, Save Earth sendiri diharapkan menjadi acara yang dapat menggugah kepedulian banyak pihak terhadap pentingnya mangrove bagi keberlangsungan lingkungan hidup. Berita selengkapnya bisa di baca di sini. Silahkan meluncur :)

 Sumber foto dari Aktual.co


===ooo000ooo===

Aksi nyata yang sangat berarti, juga menginspirasi.
Bagaimana dengan saya, kamu, kita? Sudahnya berbuat baik pada bumi ini, salah satunya dengan menanam mangrove? Kalau saya belum ^_^

Suatu hari saya juga ingin melakukannya. Tak perlu menjadi duta, menjadi diri sendiri saja, sebagai salah satu penduduk bumi biasa. Tak perlu menunggu menjadi orang terkenal untuk menjadi peduli. Mulai dari sekarang. Pasti bisa.

Mana kesempatan saya untuk menanam? Belum ada. Ajak saya jika diantara kalian yang membaca tulisan ini hendak melakukan penanaman mangrove. Saya bersedia. Insha Allah ^_^

Eh tapi, berbuat baik pada bumi, tak hanya dengan menanam mangrove. Dengan menjaga kebersihan, tak membuang sampah dan limbah di laut saja, itu sudah merupakan perbuatan peduli bumi. Kalau bukan kita yang peduli, lalu siapa lagi? Kalau bukan sekarang, lalu kapan lagi?


Selamatkan Mangrove, Selamatkan Bumi.
Terima kasih Christiano Ronaldo!

Sumber foto dari SWA

Share this

Indonesian Blogger | Travel Writer | Email: katerinasebelas@gmail.com |

Related Posts

Previous
Next Post »

Leave your message here, I will reply it soon! EmoticonEmoticon