Sleepy Hollow di Airmadidi

16.11

Film Sleepy Hollow yang dibintangi Johnny Depp, rilis pada tahun 1999. Sudah sering kali saya mendengar nama film itu disebut-sebut tetapi baru pada February 2013 lalu kesampaian untuk menontonnya. Bukan dari DVD tapi di TV HBO. Ternyata film horor. Suasana desa di film itu tergambar sangat mencekam. Siang malam digambarkan suram, sepi dan penuh ancaman. Burung-burung hitam beterbangan, suaranya keras menakutkan. Saya saat itu menonton dari pukul 11 malam hingga pukul 1 pagi. Sendirian.

Saya tiba-tiba teringat pada waktu sekitar Mei 2011 lalu, pada sebuah kabupaten yang terletak di Minahasa Utara, namanya Airmadidi. Sebuah kota kecil yang terletak di kawasan pegunungan. Jaraknya cukup jauh dari Bandara Sam Ratulangi Manado. Untuk mencapainya, diperlukan waktu kurang lebih 45 menit dengan kendaraan roda empat. Jika menuju ke sana maka akan melewati patung Yesus berukuran besar. Jubah patung Yesus seperti berkibar di tiup angin. Tangannya terbentang, terangkat ke atas. Bagaikan sedang memberkati kota Manado.

Patung Yesus
Ini bukan foto jepretan saya. Hasil gugling!

Di jalan, tak sedikit ditemukan anak-anak kecil berwajah bule tengah mengenakan seragam sekolah dasar. Katanya, itu anak-anak keturunan Portugis. Orang tua mereka yang Portugis menikah dengan penduduk asli Minahasa, membuat paras anak-anak itu cantik dan tampan-tampan.  

Bangunan gereja bisa dijumpai hampir tiap satu kilometer, maka jangan tanya di mana Mesjid, akan sulit dicari jika tak bertanya pada penduduk yang muslim. Rumah makan yang menyediakan makanan dan masakan olahan dari babi, tikus dan kelelawar, banyak di jumpai di tempat ini. Jika butuh sesuatu untuk di beli, datang saja ke toko-toko kelontongan biasa, karena di Airmadidi tak ada minimarket .

Di suatu petang, suasana di film Sleepy Hollow bagai datang dengan nuansa horornya. Langit senja memerah dengan awan hitam yang bergulung-gulung. Sekelompok burung gagak berkoak koak di atap gereja. Mereka bergerombol, lalu serentak terbang sambil memekik. Malam bagai hendak mendahului petang yang semestinya indah dengan langit senja yang biasanya jingga.
Bangunan gereja berdiri mematung dengan warna abu-abu tuanya. Lalu menghitam menyerupai bayangan. Film Sleepy Hollow bagai siap tayang di dunia nyata. 

  Pemandangan pagi Airmadidi dari balkon losmen
*Dipotret dengan kamera ponsel *

Di Airmadidi ada sebuah penginapan milik orang Belanda. Losmen serupa villa tapi tak bernama. Hanya diketahui oleh penduduk setempat dan pendatang yang kerap mempunyai kepentingan di Airmadidi. Tempat menginap yang murah, hanya seharga Rp 200.000,-/malam. Bangunannya dua lantai, besar dan unik. Berarsitektur ala belanda tapi telah dimodifikasi ke bentuk tradisional dengan kamar-kamar yang berukuran cukup besar. Dari balkon dan jendelanya, mata bisa leluasa memandang Airmadidi dalam segala suasana. Panorama pegunungan yang biasanya nampak jelas pada pagi hingga petang, akan hilang dari pandangan ketika dilihat pada malam hari. Hanya kerlap kerlip cahaya lampu yang tak benderang. Atau jika beruntung, bintang-bintang di angkasa akan terlihat sangat indah menerangi langit malam di Airmadidi.

Dua hari satu malam di sana, sepi yang didapati. Sempat berkesimpulan, bagaikan kota mati. Perlu berhari-hari untuk menilai. Jadi, anggapan sesaat ini tidak akurat. Abaikan jika suatu waktu malah berbeda dari yang saya ceritakan. 

Jika Sleepy Hollow menghantui, lekas tutup pintu dan jendela rapat-rapat, lalu kunci. Tidur sampai pagi lalu bangun dan lihatlah pemandangan Airmadidi di pagi hari, indah. 

Share this

Indonesian Travel Blogger Email: katerinasebelas@gmail.com

Related Posts

Previous
Next Post »

4 comments

Write comments
14 Maret 2013 20.57 delete

haaah? pemain film itu om Depp, mbak?? *gak ngeh
dulu nonton aja kudu ditemenin... padahal itu bukunya bacaan favorit dari SD...

pemandangannya indah ya mbak.. tapi auranya kok... memang agak mencekam gitu...

Reply
avatar
16 Maret 2013 14.22 delete

aku paling males nonton film horror, tapi waktu sleepy hollow itu dibela-belain deh nonton... demi mas depp.. *hallaaah...

Reply
avatar
18 Maret 2013 14.04 delete

Yaelaaaaah mbak Dee hahaha. Ga jadi horor ya kalo mas Depp yang main :))

Reply
avatar
18 Maret 2013 14.12 delete

Iya, Johnny Depp. Nah, kok bisa ga ngeh? :D
Aiih baru tahu kalo film Sleppy Hollow adaptasi dari buku.

Pemandangan yang ada di foto memang lumayan indah Ve, agak menjauh dari losmen baru terasa nuansa mencekamnya :D

Reply
avatar

Leave your message here, I will reply it soon! EmoticonEmoticon