Kebun Buah Mekar Sari : Urung Memetik Buah, Main Hujan pun Jadi

10.42
 Perahu Naga, Danau Mekar Sari - 2013

Awal Februari ternyata cuaca masih enggan bersahabat. Hujan masih rajin mengguyur wilayah Jabodetabek, termasuk di kawasan Taman Wisata Kebun Mekar Sari (KMS), Bogor. Hujan sebenarnya tak terus menerus turun, sesekali berhenti. Tapi bukan berhenti total, melainkan berupa gerimis. Itupun hanya sebentar, sebab beberapa menit kemudian kembali menderas. Sungguh tak enak rasanya berada di tengah-tengah kebun dalam keadaan hujan dengan petir yang sesekali berkelebat. Suhu udara juga jadi lebih dingin. Cacing-cacing kebun yang besarnya sejempol kaki, bergembira ria keluar dari persembunyiannya. Bikin tengkuk dan lenganku jadi merinding. Rasa mual menyergap seketika.

Berteduh di rumah panggung yang bagian bawahnya terdapat warung makan, mungkin lumayan. Bisa makan bakmi, bakso, kwetiau dll. Tapi kalau sudah kenyang, duduk-duduk saja, ya bosan juga. Oh iya, hari itu banyak acara di KMS. Beberapa rombongan berkaos seragam terlihat berada di tenda-tenda yang memang sudah di siapkan. Ada sekitar 4-5 rombongan dengan seragam beda-beda. Menurut informasi, KMS memang sering dijadikan tempat gathering. Entah itu dari pihak sekolah, perusahaan2, dll. Mungkin karena tempatnya luas, jadi leluasa untuk mengumpulkan banyak orang. Apalagi berada di area perkebunan yang dikelilingi banyak macam pohon buah, terasa asrinya. Udara sejuk. Segar pula. Di tempat ini juga banyak tersedia fasilitas untuk outbond.

Bulan Januari hingga Februari Kebun Buah Mekar Sari menawarkan paket petik rambutan. Pengunjung dapat memesan pohon yang diinginkan, lalu buahnya dipetik sepuasnya. Sampai habis satu pohonpun tak apa. Nah, kemarin tuh pinginnya begitu, tapi kok ya hujan ga berhenti-berhenti. Udah gitu makan rambutan dalam keadaan seperti ini apa ga bikin tenggorokan jadi sakit?
Ayo siapa yang mau makan rambutan sepuasnya, silahkan datang selama masih berlaku promonya.

Jika tahun 29 Desember 2009 lalu saat pertama kali berkunjung ke KMS aku bisa merasakan berkeliling danau Mekar Sari dengan naik perahu naga, maka kali ini cuma bisa memandang-mandang saja. Bosan? Ga juga. Justru asyik juga merasakan main hujan di area perkebunan. Dengan mengenakan mantel, tanpa payung dan boots, kami berjalan di antara pohon-pohon kelapa. Jauh amat ya main hujannya? :p

===========

Ada banyak informasi dan paket wisata yang di tawarkan. Jadi saya sarankan silahkan mampir ke website resmi mereka di http://www.mekarsari.com
Tiket masuk Kebun Buah Mekar sari Rp 15.000,- / orang
Tiket mobil Rp 10.000,-/mobil (mobil ga boleh masuk keliling kebun ya, mesti naik kereta kalo mau keliling)
Tiket kereta Rp 10.000,-/orang (ada pemandu kebunnya yang akan menerangkan semua pohon buah yang ada dalam kebun).


Foto-foto berikut dibuat Sabtu 02 February 2013 dan yang lainnya pada 29 Des 2009 lalu.

Antrian di Gerbang Tiket Taman Wisata Mekarsari

Aneka paket tour yang ditawarkan pihak kebun Mekar Sari

Promosi petik rambutannya tertera di gerbang masuk

Pak Supir Kereta dan Mbak Pemandu Wisata

Mbaknya menjelaskan semua pohon buah yang dilalui sepanjang perjalanan kereta

Pohon Lengkeng dan Jeruk berdampingan

Perahu Naga melintas di Danau Mekar Sari

Di bawah deras hujan, ada yang melintas diantara pohon kelapa

Salah satu kereta wisata gandeng dua (yg depan ga kliatan :D )

Perahu Naga kembali ke Dermaga

Dermaga tempat mengantri naik perahu naga

Tiket masuk dan tiket Kereta





Share this

Indonesian Blogger | Travel Writer | Email: katerinasebelas@gmail.com |

Related Posts

Previous
Next Post »

9 comments

Write comments
6 Februari 2013 11.21 delete

kemaren aku baca-baca tentang bulan buahnya Mekarsari. Jadi, bulan januari itu bulan durian, februari bulan rambutan, dst. Sempet liat juga biaya buat bisa bawa pulang rambutan sepohon kisaran 500-700ribu). Kalau cuma metik doang ga sampe sepohon bayarnya 30ribu. Menurutku sih lumayan mahal, secara kalau beli di pinggir jalan itu, 10.000 bisa dapet empat iket XD
Tapi kepuasan tersendiri ya kalau metik sendiri.

Reply
avatar
6 Februari 2013 14.37 delete

Kalau metik buah disana maksimal brp biji mb? Ada durian g :D

Reply
avatar
6 Februari 2013 15.29 delete

aku, diah, ai, achan, ludi janjian ke mekarsari batal trs :|

Reply
avatar
6 Februari 2013 22.59 delete

belum pernah ke sana, padahal sih pengen juga..

favorit saya mah ke taman bunga..gak ada bosannya..:D

*kalo gak salah rambutan itu bisa menyebabkan panas dalam kalo kebanyakan..katanya sih tapi valid apa nggaknya kurang tau hihihi...

Reply
avatar
7 Februari 2013 08.14 delete

Nah, kakak ga tau kalo soal beda bulan beda buah itu An. Awalnya yang kakak tahu kalo di KMS bisa petik rambutan sepuasnya selama Jan s/d Feb. Ga tahu kalo Durian juga bisa buat di petik. Tapi kemarin waktu lewat bagian durian, ga ada yang berbuah satupun. Apa sudah habis kali ya?

Iya mahal banget. Pake capek pula :)) Betul itu, beli 10.000 aja udah puas. Malah ga habis. Apalagi yang manis. Tenggorokan kadang jadi sakit. Tapi karna kemarin rame2, pingin merasakan sensasinya aja :D Eh hujan pula...ya ga jadi deh. Daripada sakit :))

Reply
avatar
7 Februari 2013 08.16 delete

Sepuasnya mbak. Kan bookingnya per pohon. Nah, berapapun buah yang ada di pohon itu ya silahkan ambil. Kemarin waktu naik kereta, lewat kebun durian, ga ada lihat yang berbuah. Mungkin sudah habis dipetik pada periode Januari.

Lengkeng yang sedang banyak buahnya. Eh jeruk juga ding. Ada banyak macam sih ya buah2an di sana. Namanya ada yang asing di telingaku. Oh iya, ada matoa juga. Tapi kayaknya sedang ga berbuah deh.

Reply
avatar
7 Februari 2013 08.18 delete

Belum ketemu waktu yang cocok mungkin ya Ki. Kalo bisa jangan dalam bulan-bulan ini deh Ki. Hujan terus. Pasti kurang nyaman buat Khansa.

Reply
avatar
7 Februari 2013 08.24 delete

Iya teh, aku juga suka ke taman bunga. Di Cipanas ada tuh. Indah-indah ^_^

Ke kebun buah juga asyik, suasananya biasanya lebih teduh karena pohonnya tinggi-tinggi. Banyak buah yang bisa dilihat, kalau sedang beruntung malah bisa di beli dan di makan.
Bogor dan sekitarnya memang banyak perkebunan buah. Alamnnya memang cocok.

Kalo yang arah batu tulis malah ada kebun khusus duren, namanya Warso Farm. Kalau sedang ke Bogor, coba mampir teh. Di sana durennya duren Montong, ada juga duren lokal. Ada kafe duren segala. Harga durennya lumayan murah. Makan es krim duren di sana bisa puas banget :D
Ga cuma duren sih, ada pohon buah naga yang dagingnya ungu (maroon sih menurutku). Manis banget. Ada es krimnya juga.

Aku pernah tulis di sini: http://www.travelerien.com/2011/02/bogor-warso-farm-kebun-duren-montong.html

Reply
avatar
8 Februari 2013 23.49 delete

awal tahun aku juga ke mekar sari, sendiri, hihihihi
waktu itu yg lg panen buah melon, petik sendiri, perkilonya Rp.15.000,- itu rasanya maniiiissss benerrr, segerrrr...
tapi waktu itu koq aku ga ketemu perahu naga yaa? apa lagi dikandangin?

Reply
avatar

Leave your message here, I will reply it soon! EmoticonEmoticon