BSD, A City So Great

16.15


Saya baru 15 tahun mengenal BSD. Masa yang relatif terbilang muda ketimbang 29 tahun usia BSD itu sendiri. Apalagi 15 tahun itu saya tak betul-betul utuh berada di BSD, sebab saya juga bertempat tinggal di Jakarta dan Palembang. 

Meskipun demikian, saya ingin mencoba sedikit memproklamirkan diri sebagai salah satu saksi perkembangan BSD dari tahun ke tahun. Sejak BSD masih biasa-biasa saja hingga menjadi bersinar dan berjaya seperti saat ini. Dilatari keinginan untuk berbagi informasi mengenai keberadaan sebuah tempat pemukiman yang menurut saya layak diminati, baik sebagai tempat tinggal, tempat berbisnis, maupun untuk investasi.

Informasi yang akan saya sajikan di sini tidak murni dari saya, tapi saya dapatkan dari berbagai sumber. Meskipun saya tinggal di BSD tapi saya tidak memiliki data akurat langsung dari sumbernya, terutama tentang detail sejarah dan data pembangunan BSD sebagai sebuah kota. Di sini saya hanya akan menyajikan informasi yang umum-umum saja. Semoga bermanfaat.




BSD on Wikipedia:
Bumi Serpong Damai (BSD) atau BSD City (IDX: BSDE) adalah salah satu kota terencana di Indonesia yang terletak di kecamatan Serpong, Tangerang Selatan. Kota ini diresmikan pada 16 Januari 1984. BSD City merupakan salah satu kota satelit dari Jakarta yang pada awalnya ditujukan untuk menjadi kota mandiri, dimana semua fasilitas disediakan di kota tersebut termasuk kawasan industri, perkantoran, perdagangan, pendidikan, wisata, sekaligus perumahan. Perencananya adalah Pasific Consultant International, Japan City Planning Inc, Nihon Architect Engineer and Consultant Inc, dan Doxiadis; dan developernya adalah Sinar Mas Land, anak perusahaan dari kelompok perusahaan konglomerat di Indonesia, Sinar Mas Group, yang bekerja di bidang properti. Saat ini nama 'BSD' tidak mengacu ke sebuah singkatan, tapi lebih berupa kata yang berdiri sendiri. Kelompok Sinar Mas lebih mempolulerkan nama BSD City sebagai pembeda dari developer sebelumnya, dan juga menambahkan slogan "Big City. Big Opportunity" untuk mempromosikan BSD City. Pada tahun 2005 kota ini telah memiliki 100.000 penduduk.

BSD City merupakan proyek kota terencana dengan total luas lahan terbesar di Indonesia, yaitu sebesar 6.000 hektar. Dalam total luas lahan yang maha luas ini, BSD City membagi tiga tahap pembangunan dari total luas lahan yang direncanakan. Tahap awal seluas 1.300 hektare. Tahap kedua akan dikembangkan seluas 2.400 hektare dan sisanya seluas 2.300 hektare. BSD City memiliki beberapa pusat perbelanjaan seperti BSD Plaza, ITC BSD, BSD Junction, Giant Hypermarket BSD, dan Teraskota. Di sini juga beberapa tempat rekreasi menarik seperti OceanPark Water Adventure seluas 7,5 hektare yang merupakan salah satu Thematic Waterpark terbesar di Asia Tenggara

Residential, Commercial, Office Park


Mengenai sejarah berdirinya BSD, menurut situs Wikipedia, disebutkan bahwa BSD diresmikan untuk pertama kalinya pada tanggal 16 Januari 1984. 29 tahun sudah usia BSD. Usia yang tak lagi muda dan sekiranya pantas disebut matang dan dewasa karena kemajuan dan keberhasilan yang telah dicapai BSD hingga hari ini.

BSD memang bukan sekedar kawasan residential, tetapi juga merupakan kawasan commercial dan office space dengan laju perkembangan yang sangat cepat.  BSD tak hanya maju dalam membangun perumahan-perumahan modern yang nyaman tetapi juga maju dalam mengembangkan pusat-pusat pertumbuhan ekonomi, berbagai fasilitas bisnis dan berbagai tempat rekreasi modern. Kemajuan pembangunan tersebut bisa dilihat di sepanjang koridor Jl. Pahlawan Seribu, BSD City Serpong, di mana banyak bermunculan gedung-gedung baru yang megah. Pusat perbelanjaan, apartemen, hotel, pusat hiburan dan kuliner, pusat perkantoran, rumah sakit, juga pusat pendidikan. Bahkan saat ini pengembang telah menyediakan lahan untuk pembangunan Office Tower dan juga sarana penunjang lainnya. 

Sangat prospektif jika para investor ingin menanamkan modalnya di BSD ^_^




Air Mancur BSD


BSD City, luasnya lebih kurang separuh dari kota Paris.
“Dengan luas area lebih kurang separuh dari kota Paris, BSD merupakan sebuah perencanaan tata kota paling ambisius di Indonesia yang memiliki fasilitas lengkap berupa perumahan, serta area komersil dan bisnis. Dengan luas sekitar 6000 hektar, BSD masih menyisakan 3/4 luas lahan yang menantikan pembangunan selanjutnya. Dalam proyek maha luas ini, tersimpan sebuah kesempatan berinvetasi yang begitu menarik." *BSD City

Ya, dengan luas kawasan sekitar 6000 hektar itu, juga lengkapnya sarana yang ada, BSD adalah sebuah kawasan yang mandiri. Kawasan yang mampu memenuhi kebutuhan penduduknya dalam satu tempat. Dari sana pula BSD kemudian dikenal dengan sebutan Kota Mandiri. Gelar yang saya sendiri tidak tahu kapan tepatnya mulai disandang. Beranjak dari sebutan Kota Mandiri, BSD kemudian mendapat sebutan sebagai BSD City. Nama itu lekat hingga hari ini. Nama itu pula yang kemudian lebih dikenal hingga seluruh kawasan Jabodetabek. Akan tetapi, meskipun kini disebut sebagai sebuah kota, BSD tidak memiliki pemerintahan sendiri. BSD hanyalah bagian dari kota Tangerang Selatan dengan walikota sebagai kepala pemerintahan. 


BSD Jadul, tempat jin buang anak
Pertama kali saya mengenal BSD sekitar Mei tahun 1998. Dulu, satu-satunya tempat perbelanjaan adalah BSD Plaza. Di plaza kecil 2 lantai ini terdapat swalayan bernama Superindo yang masih ada sampai sekarang. Toko buku Gunung Agung. Bioskop 21 cineplex. Foodcourt dengan panggung kecil untuk live music yang sekarang sudah tidak ada lagi. Gedung besar dan elit saat itu hanya German Centre. Rumah Sakit besar belum ada. Hanya klinik-klinik kecil yang minim fasilitas. Tak ada jalan tol. Komplek pertokoan dan perkantoran sangat sedikit. Bangunannya pun jadul-jadul. Bagusnya, dulu sudah ada dua kolam renang yaitu di Sektor 1 dan di Damai Indah Golf. Rumah-rumah mewah dan besar juga sudah sudah ada, yakni di Giri Loka dan Puspita Loka. Di Giri Loka itu setahuku ada rumah mantan KPK, Antasari Azhar. Ada rumah artis Hetty Koes Endang, juga rumah ustad dan artis lainnya yang kerap wara wiri di TV. Salah satu rumah mewah di Giri Loka adalah milik Susi Susanti dan Allan yang dulu mereka dapatkan sebagai hadiah karena memenangi sebuah turnamen bulutangkis kelas dunia. Sayang kurang tahu turnamen yang mana, mungkin saat menjadi juara olimpiade kali ya. Oh ya, rumah itu kabarnya sudah lama di jual. Jadi, bukan milik pasangan Susi dan Allan lagi.

 BSD 10 thn yg lalu dan BSD kini (2012). 



Dulu SPBU hanya ada satu. Letaknya di sebelah show room Toyota Serpong. Indomart dan Alfamart sepertinya bisa dihitung dengan jari. Pasar tradisional BSD berada dekat terminal, becek dan sempit. Sekolah Islam yang ada baru Al-Azhar dan Cikal Harapan. Sekolah non Islam baru ada Ora Et Labora, Santa Ursula, dan Stella Maris. Tidak ada hotel satupun. Rumah-rumah sangat sederhana yang ukurannya cuma 3x5meter dengan dinding batako, mendominasi rumah-rumah type terkecil di Griya Loka. Pohon-pohon karet masih merajalela di lokasi yang sekarang jadi tempat berdirinya hotel, mall, wisma bank, restoran, dan ocean park. Dan yang jelas, dulu BSD adalah kawasan Serpong yang dikenal dengan tempat jin buang anak! Itu kata orang-orang asli Serpong yang pernah saya dengar langsung.

 
 
Atas-Bawah : BSD Junction

BSD Kini, Modern dan Maju
BSD yang awalnya hanya sebagai kawasan permukiman, kemudian berkembang menjadi kawasan pertumbuhan ekonomi yang menarik minat  para investor untuk menanamkan modal dan mengembangkan usahanya. Setelah mengambil alih kepemilikan saham dari Group Ciputra, Sinar Mas Group terus membangun berbagai jenis permukiman dengan infrasturktur yang baik. Dari rencana 6000 ha. Saat ini sudah lebih dari 3000 ha telah dibangun. Dengan semakin luasnya pengembangan permukiman, maka semakin meningkatnya pembangunan sarana dan prasarana yang dibutuhkan sebagai kawasan permukiman modern dan maju. Sejumlah fasilitas dan infrastuktur strategis dibangun untuk mendorong pertumbuhan sektor jasa dan perdagangan. *Sumber: Portal Resmi Pemerintah Kota Tangerang.
 
“BSD telah berdiri sejak 19 tahun lalu. Pada tahun 2003, proyek raksasa ini sepenuhnya dikelola oleh Sinarmas Developer and Real Estate, anak perusahaan Sinarmas, salah satu developer terkemuka di Indonesia. Dengan infrastuktur kelas utama dan fasilitas yang lengkap. Dikelola oleh para profesional yang berkomitmen sepenuhnya, baik terhadap para penghuni maupun pemegang saham.” *Sumber : BSD City Company Profile


Aksesibilitas Yang OK
Berada di barat daya Jakarta yang sangat strategis dengan berbagai kemudahan akses menuju area komersial yang sangat berpengaruh bagi lingkungan serta bisnis, terutama dengan tersedianya jalur utama tol dari segala penjuru. Perumahan elit Pondok Indah dapat ditempuh dalam waktu 10 menit melalui tol BSD-JORR I. Sementara pusat kota Jakarta 40 menit dan Bandara Soekarno-Hatta hanya 30 menit melalui tol Jakarta-Merak. Jalur kereta api Jabotabek serta bus feeder TransBSD yang terhubung dengan jalur bus way merupakan salah satu moda transportasi di sini. Selangkah demi selangkah, otonomi BSD serta sekelilingnya berubah menjadi sebuah kota mandiri. 

Transportasi di BSD
  1. Shuttle Bus / Feeder Busway. Dengan 3 route BSD-Pd. Indah-Ratu Plaza, BSD-Kota-Mangga Dua dan BSD-Harmoni-Ps. Baru ketiganya tujuan Jakarta yang berhenti di Terminal Bus Shuttle di BSD City.
  2. Kereta Api. Terdapat 1 kereta api Commuter Line dan 1 kereta api ekonomi yang berhenti pada stasiun Rawa Buntu di BSD City.
  3. Angkutan Kota (ANGKOT) dari kota-kota sekitarnya seperti Pamulang, Ciputat, Tangerang, Serpong, Karawaci,Parung dan Bogor yang berhenti di Terminal Angkutan Kota BSD City.

Kereta, Bus, Taxi Blue Bird, Angkutan Umum

Full Fasilitas
BSD menyuguhkan berbagai sarana olah raga mulai dari lapangan tenis, kolam renang berukuran Olympic, hingga lapangan golf 18 hole yang didesain oleh pemain golf legendaris Jack Nicklaus. Tersedia pula Ocean Park, thematic water adventure terhebat di Asia Tenggara yang dirancang oleh tim ahli dari Kanada. Terdapat juga dua kolam renang lainnya yakni kolam renang Damai Indah Golf dan Kolam Renang Sektor 1.
 Ocean Park BSD

Terdapat berbagai ragam sarana gaya hidup: berbelanja, makan, teater sinema dan aneka fasilitas hiburan lainnya. Teras Kota misalnya, terdapat Blitz Megaplex, toko buku Gramedia, restoran-restoran, dan sarana bermain anak Fun World. Bioskop 21 terdapat di BSD Plaza.

Teras Kota BSD

Mall dan pusat perbelanjaan 
Pasar tradisonal serta sejumlah pusat perbelanjaan telah beroperasi di sini. Sebut saja Pasar Modern, Carrefour, swalayan Superindo (di Teras Kota dan BSD Plaza), Giant hypermart, juga belasan Indomart dan Alfamart.

Pasar Modern dulunya adalah pasar tradisional yang sempit dan becek. Sekarang sudah besar dan modern. Lantainya bukan lagi berupa tanah tapi keramik mengkilat yang tiap hari di sapu dan dipel dengan cairan pembersih yang wangi. Pasar Modern BSD menjadi pelopor pasar modern di seluruh Indonesia. Jadi pasar percontohan yang kemudian ditiru oleh banyak pengembang lainnya.
 Suasana di Pasar Modern BSD. Bersih. Rapi. Teratur. Nyaman

Pusat Perbelanjaan: ITC BSD, Giant BSD, Teras Kota BSD, BSD Plaza

FASILITAS PENDIDIKAN
Tersedia fasilitas pendidikan dengan 63 sekolah dan perguruan tinggi nasional serta internasional, di antaranya Universitas Swiss-German, Deutsche Internationale Schule dan Sinarmas World School. Lingkungan kampus yang hijau mendorong inovasi, kreativitas serta pendekatan yang memacu semangat belajar. 

Sekolah-sekolah di BSD
Sekolah umum (TK,SD,SMP,SMU) antara lain: Binus School, SDN Rawa Buntu, Anderson, Sinarmas World School, DIS (Deutsche Internationale Schule) / Sekolah German dll.
Sekolah Islam (TK,SD,SMP,SMU) : Al Azhar, Cikal Harapan, Ar-Raudah (TK,SD): Insan Cemerlang, Al-Fath, Ar-Raihan, Lebah Madu, Ar-Rahman, Permata Gemilang, Sinar Cendekia dll
Sekolah Non Muslim (TK,SD,SMP,SMU) : Saint John, Stella Mariss, Santa Ursula, Ora Et Labora, Soli Deo, dll.
Boarding School MAN Insan Cendekia. Sekolah Music Yamaha.
Preschool menjamur dimana-mana, saya ga hafal nama-namanya. Suer!

Sebagian sekolah di BSD : Al-Azhar, Stella Maris, SinarMas Int.School, Cikal Harapan

Perguruan Tinggi di BSD dan sekitar BSD
SGU (Swiss German University), ITI (Institute Teknologi Indonesia), LP31, BSI, Universitas Prasetya Mulya, Universitas Atma Jaya (sedang dibangun)
Ke depannya BSD akan membangun sebuah pusat belajar untuk menarik minat para akademisi serta berbagai proyek penelitian yang akan membawa BSD menjadi kota pendidikan terbaik. Rumah sakit dengan standar internasional, Eka Hospital melengkapi fasilitas layanan kese-hatan di BSD selain berbagai klinik serta praktek dokter spesialis lainnya.

Infrastruktur
Sebuah kompleks bisnis yang menyatu dengan lingkungan hijau serta menjadi penghubung dalam bisnis modern bagi perusahaan lokal maupun multinasional yang ingin mencari alternatif bagi kepadatan dan kemacetan di kawasan segitiga emas, memberi solusi bagi Anda yang memerlukan perluasan bisnis.

Tenaga listrik yang dapat diandalkan serta kabel fiber optic merupakan pendukung utama dalam infrastruktur komunikasi di BSD, yang menjamin konsistensi dan kecepatan suara serta koneksi data dengan dunia.

Program pembuangan limbah serta pengelolaan material mendorong manajemen kami membuat pengelolaan limbah menjadi berguna. Pendekatan tersebut membuat BSD menjadi kota yang bersih dan sehat, sekarang untuk selamanya.
Berbagai taman terbuka menyajikan ruang he-ning untuk sejenak melarikan diri dari hiruk-pikuk kehidupan modern. Unsur tersebut memegang peranan penting dalam penyelamatan lingkungan serta dalam melindungi kesehatan penghuninya. Jaringan drainase dan kanal di BSD menyajikan sistem penyaluran air yang dapat diandalkan serta infrastuktur pengelolaan banjir, dirancang agar BSD terhindar dari banjir. Lagipula BSD terletak 40 m di atas permukaan laut.
Kebun pembibitan tanaman merupakan salah satu inisiatif kami. Berbagai bibit tumbuh dan memasok ribuan tanaman serta bunga-bungaan yang memenuhi kebun pembibitan bunga dan berbagai pot tanaman. Pupuknya terbuat dari kompos, yang diproduksi oleh bagian pengelolaan limbah.
*disalin dari: http://www.bsdcity.com/thecity_5_pilar.aspx



Perumahan di BSD
Cluster The Avany, The Icon, Cluster The Green, The Foresta, Cluster Virginia Lagoon, Cluster Parmont Parkland, Giri Loka, Puspita Loka, Anggrek Loka,Griya Loka, Kencana Loka, Nusa Loka, Cluster Golden Vienna, Cluster Chrysant 1, Cluster Chrysant 2, Cluster Sevilla, Cluster De Latinos, Taman Edelweis.

 Sebagian kecil contoh rumah di BSD

Hotel
Grand Zuri hotel. Hotel baru bintang 4, berlokasi dekat Ocean Park.
Hotel Santika. Hotel bintang 3 yang letaknya bersebelahan dengan Teras Kota.
Hotel Grand Zuri dan Hotel Santika di BSD

Restoran dan beragam tempat makan
KFC, McDonald, CFC, Hoka-Hoka Bento, Istana Nelayan, Saung Kuring, resto Padang Sederhana, Kopi Tiam, Pondok Kemangi, Saung Serpong, Telaga Seafood, Jamal Portal (seafood), Burger Klenger, Bakmi Naga, Bakmi Sawangan, Ayam Goreng Suharti, DJ’s Steak, Pecel Madiun. Masih banyak lagi. Apa aja ada. RM yang menyajikan makanan dan masakan khas Manado, Jawa, Sunda, Jepang, Eropa, ah banyak banget dah. Hampir di semua tempat di BSD banyak dijumpai rumah makan. Dari yang murah sampe yang mahal, dari warteg sampe resto bintang 5 juga ada. Silahkan pilih.
Taman Jajan. Ini tempat jajan terbuka (bukan di gedung gitu maksudnya) yang udah lama banget ada. Kayaknya sejak BSD berdiri! Tempatnya selalu rame. BSD Square, lokasinya seberang Teras Kota, samping Wisma BCA. 

 Beberapa Restoran dan Pusat Kuliner
BSD Square, Saung Kuring,  Telaga Seafood, Pondok Kemangi, Taman Jajan

Gedung perkantoran
Yang gaek dan paling besar tentunya German Centre ya. Bukan cuma perkantoran tapi kampus juga ada di gedung ini.
Ruko Golden Boulevard. Inilah komplek ruko terbesar di BSD. Terdapat ratusan ruko dengan berbagai jenis usaha. Lokasinya di area terdepan BSD, dekat gerbang selamat datang di BSD City. Di seberangnya terdapat gedung-gedung besar bertingkat entah berapa, merupakan show room KIA Motors, Isuzu, Bank Danamon. Ruko Tol Boulevard. Terletak di jalan raya Serpong, tak jauh dari perempatan traffic light German Centre, menuju arah tol BSD. Ruko Sektor 14. Barisa ruko lama yang banyak di huni oleh bank-bank local dan asing. Tak jauh dari Air Mancur BSD. Ruko Sektor 1. Ruko-ruko jadul yang sampai saat ini masih berfungsi dan digunakan untuk berbagai macam jenis usaha. Ruko Golden Viena. Ruko De Latinos. Ruko The Green. Wisma BCA (didalamnya ada perkantoran, bank BCA tentunya, bank Permata, dan lain-lain). 

Kantor-kantor pemerintahan : Kantor Direktorat Jenderal  Bea dan Cukai & Kantor Pajak. Kantor Pos. Gedung-gedung megah: Graha Telkom, Wisma BCA, Head Office Smartfren, Graha Telkomsel, Kantor Pusat Pemasaran BSD. 

Terdapat juga kantor-kantor agent perjalanan dan kantor jasa pengiriman TIKI, serta JNE.

http://en.germancentre.com/user/eesy.de/german-centre.com/img/press_gc-indonesia_rgb_300dpi.jpg
 German Centre BSD

Beberapa Gedung dan Perkantoran di BSD
Ruko Tol Boulevar, Wisma BCA, Head Office Smartfren, Ruko Golden Boulevard

Komplek Industri
Satu-satunya komplek Industri dan pergudangan adalah di Taman Tekno (Techno Park) yang lokasinya ke arah Muncul Pamulang. Depan BATAN (badan tenaga atom nasional). Ga jauh dari Puspitek yang kerap dikunjungi pak Habibie). Di sini ada pabrik kapal/boat, ada pabrik textile, pabrik macem-macemlah pokoknya. Dan kudengar kabar, percetakan Gramedia juga mau pindah ke sini. Ga tau udah apa belum. Perlu cek lagi. Ada juga pabrik Rumah Coklat. Pabrik Rainbow Cake. Gudang aneka besi dan baja. Gudang barang-barang import dari Eropa. Gudang sepatu. Gudang sembako, dan lain-lain.

Rumah Sakit dan Klinik-klinik kesehatan di BSD
Eka Hospital (punya Sinar Mas). RS Medika BSD (punya Malaysia), RSIA Putra Dalima, RSU Bunda Dalima, RS THT, Klinik Selaras, Smiling Dental (Sektor 1.4 dan Sektor 1.2), Biomedika laboratorium, Klinik Arca (rumah bersalin), Klinik Natasha (skin klinik), klinik akupunktur dll.
RS besar yang bisa dijangkau dari BSD seperti Siloam Glineglas, RS Omni, dan RS lainnya yang berlokasi di Gading Serpong (Summarecon punya).


 RS Medika BSD

Salon kecantikan
Ada banyak salon kecantikan di BSD. Dari salon khusus laki-laki, hingga salon khusus muslimah. Dari salon kaki, hingga salon gigi. Dari salon manusia hingga salon anjing dan kucing. Dari salon yang cuma motong rambut  doang sampe salon V-Spa juga ada. Dari salon yang pegawainya wanita semua hingga bencong semua juga ada hehe

KOS-Kosan
Di Anggrek Loka dan Puspita Loka, menjamur rumah kos yang bentuknya mirip apartemen!  Dari 2 lantai sampai 6 lantai juga ada. Dari yang 500ribu/bln hingga 3juta perbulan juga ada. 
 
SPBU
Sependek yang saya tahu, terdapat 5 SPBU Pertamina. 3 SPBU Shell. 1 SPBU Petronas. Semua SPBU itu menyediakan fasilitas pembayaran non tunai, yaitu debet card dan credit card. Jadi, kalo kamu ga bawa uang tunai, tinggal gesek saja kartumu di mesin yang tersedia. Kalo di luar BSD, belum tentu ada yang bisa credit card. Paling debet card, itupun ga sembarang tempat.

BANK
BCA, BNI, BTN, Bumiputera, Mandiri, Mandiri Syariah, Muamalat, CIMB Niaga, BII, Panin, Rabobank, DBS Bank, Bank Jabar, Commonwealth, HSBC, Standard Cartered, Bank Bukopin, Bank BJB, Bank BNP, Bank Sinar Mas, Bank Jasa Jakarta. Ada semua. Masing-masing ada 1, 2 dan3 cabang yang berlokasi di BSD.

Automotive Dealer
Dealer motor Honda, Suzuki, dan Yamaha.
Dealer mobil Toyota, Honda, Suzuki, Isuzu, Kia, Proton, Ford, Mistsubishi, Daihatsu, Nissan.
Jika butuh alamat lengkapnya bisa dilihat di web BSD City di sini : http://www.bsdcity.com/contact_city_directory.aspx

Bengkel dan Autoparts
BSD punya kawasan Autoparts tersendiri. Lokasinya tak jauh dari seberang kantor polisi BSD. Menurut pengamatanku tempat penjualan segala macam suku cadang dan segala hal terkait urusan kendaraan di sini selalu ramai oleh pengunjung. Di sebelah Autoparts ada ruko-ruko yang hampir seluruhnya adalah usaha bengkel kendaraan mobil. Ah keren banget kalo mendatangi bengkel-bengkel di sini. Mereka professional. Lengkap. *maklum saya pelanggan salah satu bengkel di sana.

BSD Maju karena Konsepnya
Pembangunan di BSD bertumpu pada satu hal : bagi orang yang menetap, bekerja dan bersenang-senang di dalamnya. Mereka lah yang kelak akan menikmati berbagai Kenyamanan Hidup Berkualitas dalam rumah yang nyaman, ruang bisnis, tempat berbelanja, serta berbagai sarana pendidikan sekaligus berekreasi dalam satu kota, lingkungan-nya pun lebih sehat untuk dihuni.

Perencanaannya didasarkan pada visi komunitas berbasis kota, sehingga Anda dapat menjumpai berbagai perumahan berkualitas tinggi dengan harga terjangkau, kawasan bisnis berteknologi tinggi serta dikelola secara profesional, dan tersedianya berbagai fasilitas hiburan dan rekreasi. *sumber: http://www.bsdcity.com/thecity_concept.aspx 


  
Karena Lingkungan BSD itu Nyaman
Udara bersih dan perumahan berkualitas tentu sangat dibutuhkan tiap orang yang ingin tinggal di suatu tempat. Nah, sekitar 400 hektar dari luas keseluruhan BSD dialokasikan bagi ruang hijau. Taman-taman kota, penghijauan di sepanjang sungai yang sering digunakan untuk aktivitas luar ruang dan tempat rekreasi serta fasilitas olah raga menyajikan seluruh kenyamanan yang tak dapat di jumpai di tempat lain. Inilah BSD, memiliki udara bersih, dan setiap orang yang tinggal di dalamnya dapat menikmati nuansa alam yang menentramkan. Keamanan serta keselamatan merupakan faktor utama bagi ketenangan jiwa. Sistem keamanan elektronis yang didukung oleh petugas keamanan profesional serta ramah menjaga seluruh penjuru BSD (saya lihat di Taman Tekno ada pusat pelatihan security. Rame banget di sana). *alenia ini hasil copas.


Sungai bersih dari sampah

Taman Kota 1 (taman penuh pohon rindang dan tinggi, tertata sangat apik dan terawatt bersih). Lokasi di depan cluster Giri Loka, disamping Puspita Loka). Taman Kota 2 (taman penuh pohon dan aneka bunga. Ada aliran sungai dengan lingkungan yang bersih dan hijau. Trek jogging. Area senam. Saung-saung untuk duduk-duduk. Nursery.) 




Suasana Taman Kota 2, dekat Techno Park

Yang saya suka dari BSD
  • Nilai investasi melejit tiap tahunnya.
  • Fasilitasnya lengkap layaknya sebuah kota mandiri
  • Adanya jalan tol yang bermuara tepat di dalam BSD, memudahkan akses dari dan untuk kemana-mana
  • Listriknya jarang mati. Kalopun ada perbaikan selalu ada pemberitahuan terlebih dahulu. Warga jadi bisa prepare.
  • Air PAMnya bersih (dari PAM Serpong disaring lagi).Jika ada perbaikan PAM, warga selalu mendapat pemberitahuan tertulis yang diantar langsung ke rumah-rumah. Jadi ga kelabakan kalo air mati.
  • Securitynya bejibun.
  • Tata kota yang jelas. Penataan taman, jalan, pemukiman, area bisnis, belanja, semua tertata.
  • Keamanannya kini sangat baik. 
  • Laju pertumbuhan ekonominya pesat


Berbagai Penghargaan Untuk BSD
Saya tidak hafal. Yang jelas banyak! Dari yang pernah saya baca, dari tahun ke tahun berbagai penghargaan nasional telah diraih oleh PT BSD Tbk. Ya mungkin mesti gugling lagi untuk list award yang di punya BSD ya. Nanti kalau sempat saya salin di sini.

Okay, celoteh tentang BSD sekian dulu. Tulisan panjang kali lebar ini bukan sebagai bentuk kesombongan bahwa saya "keren" bisa tinggal di BSD. Tapi lebih kepada keinginan untuk menginformasikan kepada siapa saja bahwa ada sebuah tempat yang dulunya hutan, terpencil, sepi, garing, dan hampir ga dilirik orang, kini menjadi sebuah tempat bersinar dan berjaya. Bahwa, kebutuhan akan tempat yang bisa bikin betah itu sebuah keharusan. Sebuah tempat dimana segala kebutuhan bisa dijangkau dari jarak dekat. Tak perlu bersusah payah pergi ke Jakarta untuk sebuah hiburan lengkap dan cetar membahana. Cukup muter-muter sampe puyeng di BSD juga ada dan banyak.  Akses ke mana-mana mudah. Ke Bandara, ke Bogor, ke Merak, ke Jakarta semuanya mudah karena ada jalan tol yang pangkal jalanya ada di dalam BSD.

Soal BSD disebut-sebut sebagai kawasan elit karena rumah-rumah mewahnya, bisa jadi itu memang benar. Tapi perlu diketahui bahwa pihak pengembang BSD cukup adil. Bukan cuma rumah besar megah dengan harga bermilyar-milyar rupiah yang dibuatnya, rumah-rumah sederhana bahkan sangat sederhana hingga selonjor saja susah (RSSSSS) ada di BSD *lebaaaaay*. Maksud saya, rumah type 21 pun ada (kecil banget kan 21!). Jadi jangan salah, rumah type 21, 36, 45, hingga entah berapa ratus bilangan angka, semua ada. Semua kalangan berbaur di sini.

Yang terpenting dari sebuah tempat tinggal, adalah kita sreg dan nyaman di dalamnya. Lingkungan yang memadai, dan yang utama, tersedianya rumah ibadah. Terdapat belasan Mesjid dan musala. Alhamdulillah banget rasanya. Kegiatan keagamaan di mesjid-mesjid juga ramai. 

Okay...sekian dulu ya. Nanti dilanjutkan lagi kalau masih ada yang kurang heuheu. Eh iya, seluruh foto dan isi tulisan ini nyalin dan nyadur darimana-mana. Kebanyakan tentu saja dari official website BSD. www.bsdcity.com  Tak ada satupun foto hasil jepretan saya. Terima kasih telah mampir dan membaca. Salam BSD!



Master Plan BSD City


Share this

Indonesian Blogger | Travel Writer | Email: katerinasebelas@gmail.com |

Related Posts

Previous
Next Post »

12 comments

Write comments
15 Februari 2013 17.14 delete

aih jd pngn main
tp nginep biar puas
*gataudiri :p

Reply
avatar
15 Februari 2013 17.41 delete

baru tau bsd ternyata selengkap dan seluas ini...
beruntung yah teteh tinggal di sana....

Reply
avatar
15 Februari 2013 23.45 delete

Mbak rien, ini postingan untuk lomba blog atau lagi jadi marketing promo-nya BSD? :D

Reply
avatar
16 Februari 2013 23.32 delete

tadi sore aku mampir ke bsd, ada temenku yg nikahan di sana...

oh ya mba, maaf koreksi sedikit, sepertinya ada yg keliru dari usia BSD sejak diresmikan, 1984 ke 2013 berarti udah 29 tahun,hehe lebih mudah aku sedikit :P

Reply
avatar
20 Februari 2013 09.03 delete

haha boleh boleh boleh. Tapi rumah mbak Rien ga luas. Sedang-sedang saja :D

Reply
avatar
20 Februari 2013 09.03 delete

Keuntungannya karena fasilitasnya yang lengkap teh :)

Reply
avatar
20 Februari 2013 09.05 delete

Bukan kedua-duanya mbak Eki :D
Sekedar berbagi informasi, siapa tahu kelak mbak Eki ingin jadi berinvestasi di BSD. Prospeknya sangat bagus di BSD mbak. Nilai tanah dan bangunan terus meningkat setiap tahunnya. Ekonomi dan bisnis di sini juga maju.

Reply
avatar
20 Februari 2013 09.07 delete

Iya haha. Salah ketik Pay bukan salah hitung :D Thanks koreksinya Pay
Oh yang kemarin nikahan itu ya? (aku ngintip fotonya di FB) :D

Reply
avatar
21 Februari 2013 04.10 delete

Reportase yang lengkaaaaapp kap kap
Dasborq banjir orang pindahan dr mp, dr kemarin aq cri nama blog mb rien g ketemu
Kupikir padang ilalang, apa ganti lg mb?
Ini dr hp g keliatan nama blognya -_-

Reply
avatar
21 Februari 2013 09.58 delete

Wuiiih rame dong. Kok pada ke BS, bukannya rame pindahan ke WP?
Iya ganti mbak, sekarang Kembang Ilalang ganti jadi Memorien :D *labil

Reply
avatar
21 Februari 2013 11.54 delete

Satu org mbak yg bikin banjir.
Wpku tak pake buat poliandri :D
Punya 2 akun

Reply
avatar
13 April 2015 09.27 delete

weeeww pasti ga ada rumah dibawah 1M disana ya kaaak hahahaha

Reply
avatar

Leave your message here, I will reply it soon! EmoticonEmoticon