Berburu Madu di Taman Wisata Lebah Madu Pramuka - Cibubur

14.51
Sebagai salah satu mahluk semanis penggemar madu, berburu madu asli seperti sudah menjadi sebuah keharusan. Bukan saya curiga pada madu-madu yang dijual dipasaran itu tidak murni, tapi kalau melihat fenomena kejahatan pelaku pengolah makanan dan minuman akhir-akhir ini, saya kerap was-was. Kalau tidak hati-hati, bisa-bisa saya ikut jadi korban kena tipu. Memang tidak semua orang berbuat jahat dan memikirkan keuntungan semata, tapi jeli dalam memilih pasti lebih baik ketimbang tidak. Untuk menjadi jeli dan teliti, sudah semestinya banyak-banyak mengorek informasi ke berbagai sumber.

Berawal dari tayangan TV
Nah, beberapa hari lalu saya kebetulan ada menonton acara wisata di salah satu stasiun TV swasta yang menayangkan liputan wisata ke peternakan lebah madu Pramuka. Lokasinya di Buperta Cibubur. Disebutkan bahwa Taman Wisata Madu Pramuka melayani wisata lebah dan penjualan madu dari berbagai jenis bunga. Dalam satu sesi, presenternya mewawancarai salah satu narasumber. Menurut pria yang menjadi narasumber tersebut bahwa madu yang dijual di Madu Pramuka adalah murni tanpa campuran. Saya yang menyimak sedari awal dan memang menantikan informasi mengenai madu, langsung merasa tertarik untuk datang ke lokasi. Tapi sebelum datang, tentunya saya sempatkan bertanya ke teman-teman dan saudara-saudara untuk meminta pendapat dan referensi. Eh, ternyata Madu Pramuka sangat direkomendasikan untuk dibeli!

Menuju Buperta Cibubur
Alhamdulillah kemarin akhirnya berkesempatan berkunjung ke Taman Wisata Lebah. Taman Wisata Lebah beda lho ya dengan Istana Lebah. Istana Lebah berlokasi di Taman Wiladatika yang terletak di seberang Cibubur Junction. Sedangkan Taman Wisata Lebah terletak di Buperta. Hmm...seingat saya dulu pernah masuk Taman Wiladatika sewaktu acara reuni dengan teman-teman sekolah. Kalau sekedar lewat sih sering. Biasanya sepulang dari arah Cileungsi, Citeureup, atau bahkan dari Margonda dan Gas Alam. 

Jadi, kemarin saya tidak menuju Taman Wiladatika melainkan ke Buperta. Buperta itu sendiri tepat berada beberapa meter di sebelah kiri setelah gerbang keluar tol Cibubur. Jika datang dari arah Jakarta, maka pelankan kendaraan dan perhatikan jalan sebelah kiri agar tak terlewat sebab jaraknya dari gerbang tol sangat dekat. Pesan ini perlu karena saya kemarin kelewat! :D

Jika terlewat, tenang, bisa masuk lewat gerbang utama Buperta, kok. Di gerbang ini, tarif masuk mobil dikenakan Rp 8.000,- WOW! Mau numpang lewat doang mesti bayar segitu? Hiks. Resiko sendiri ya kenapa sampe kelewat. Mau muter juga dari mana muternya kecuali lewat kawasan perkemahan ini. Jadi, mau ga mau mesti melewati gerbang seharga delapan ribu. 

Saat memasuki kawasan Buperta, jadi ingat pernah numpang makan-makan di restoran sunda Gubug Udang. Restoran yang berada dalam kawasan perkemahan ini berada tepat di sebelah kanan jalan, hanya berjarak 2 meter saja setelah gerbang masuk. Dulu pernah makan di sini bersama keluarga besar. Kemudian pernah juga makan-makan sama teman-teman Multiply (Juni 2012). Kalau ga salah waktu itu ada 13 teman Multiply yang makan bareng saya di Gubug Udang ^_^ 
Pintu Masuk Taman Wisata Lebah

Taman Wisata Lebah
Pintu masuk Taman Wisata Lebah berada diluar area perkemahan. Artinya, setelah masuk mesti langsung kembali menuju arah keluar. Lumayan jauh jaraknya (kalo jalan kaki) tapi tak sampai 1 kilometer. Melewati lapangan berumput hijau yang luas yang merupakan area perkemahan. Setelah melewati pintu keluar, baru deh ketemu taman wisata lebah. Dari luar pagar kawat, saya sempat memotret kotak-kotak yang berjejer di lapangan berumput. Itu kotak lebah! Nampak suasana peternakan yang begitu asri. Pohon-pohon tinggi dan rindang tertata rapi. Rumput-rumputnya bersih, terawat dengan baik.

Kami masuk melalui gerbangnya yang bertuliskan: Taman Wisata Lebah, Madu Pramuka. Saat itu area parkir yang tidak terlalu luas telah dipenuhi oleh kendaraan pengunjung. Beruntung masih ada 2 tempat yang tersedia. Saya tak langsung masuk ke tempat penjualan madu, melainkan ke arah peternakan. Di tempat ini ada kantin, musala, ruang terbuka semacam pendopo untuk tempat pelatihan, toko alat beternak lebah, sebuah rumah kayu yang menurut seorang pekerja yang saya tanya, adalah tempat istirahat. Ada lapangan bulu tangkis. Play ground untuk anak-anak. Dan tentunya peternakan lebah. Puluhan kotak kayu berwarna warni tersebar di banyak tempat. Kotak-kotak kayu yang ketika saya dekati, ternyata terdapat belasan lebah sedang beterbangan di atasnya. Isinya pasti lebah! Ga berani mendekat.

Taman Wisata lebah 

Macam-Macam Madu dan Harganya
Tempat penjualan madu terletak di bagian depan. Saat masuk, petugasnya sedang melayani pembeli. Ada sekitar 7 pembeli. Saya perhatikan pembeli-pembeli itu membeli 5-6 botol madu isi 660ml. Hmm...buat stock sepertinya ya. Bagus juga sih, apalagi yang tinggalnya jauh seperti saya, daripada bolak balik biaya tolnya mahal, mending sekalian beli banyak buat stock beberapa bulan. Ga perlu khawatir kadaluarsa sebab setahu saya madu adalah makanan paling awet. Meski demikian, ada juga sih waktu kadaluarsanya. Madu yang kemarin saya beli rata-rata kadaluarsa pada tahun 2017. 4 tahun lagi! Masa 4 tahun ga habis hihi

Kemarin stock madu yang tersedia adalah Madu Kapuk, Madu Klengkeng, Madu Multiflora, Madu Karet, dan Madu Super. Sementara untuk stock Madu Rambutan, Madu Durian, Madu Mangga, Mandu Apel, Madu Kopi, dan Madu Kaliandra sedang kosong.

Harga madu Karet dan madu Kapuk ukuran 330ml Rp 45.000,- Untuk ukuran 660ml Rp 85.000,- Madu Klengkeng ukurang 330ml seharga Rp 65.000,- Sedang madu Multiflora ukurang 660ml Rp 85.000,- Hanya itu harga madu yang saya ingat, yang lainnya saya lupa karena tidak mencatatnya. 

Penjualan Madu Pramuka

Pelayanan di Taman Wisata Lebah
  1. Penjualan Madu dari berbagai jenis bunga
  2. Penjualan peralatan beternak lebah
  3. Penjualan bibit lebah unggul & lokal
  4. Pengobatan dengan sengatan lebah
  5. Kursus perlebahan / job training
  6. Wisata lebah
Alamat Cabang Istana Lebah:
  • Banten: Jl.Pramuka Lingkar Selatan Cikulur-Serang 42116 Telp: 0254-228131
  • Jawa Barat: Jl.Raya Sukabumi Cianjur. Desa Titisan-Sukalarang Sukabumi Telp: 0266-264861
  • Jawa Tengah: Jl.Raya Kutosari Kec.Gringsing Kab.Batang 51281 Telp: 0294-641195
  • Yogyakarta: Jl.KH.Ahmad Dahlan No.17 Yogyakarta
  • Jawa Timur: Jl.Karah Agung No.7 (Depan kantor Jawa Pos) Surabaya 60232 Telp: 031-8290417 




Kotak-kotak tempat lebah diternakkan

Tempat penjualan madu


Tempat penjualan madu dan klinik Apitherapy

Bergaya semanis madu *awas disengat lebah :p

Takaran yang direkomendasikan dalam meminum madu:
  • Pagi: Untuk dewasa 2 sendok makan, anak-anak 1 sendok makan
  • Siang: Untuk dewasa 1 sendok makan, anak-anak 1/2 sendok makan
  • Malam: Untuk dewasa 1 sendok makan, anak-anak 1/2 sendok makan
Paket Pelatihan Beternak Lebah Madu:
  • Pelatihan selama 1 hari termasuk konsumsi
  • Pelatihan selama 4 hari termasuk konsumsi dan akomodasi
  • Pelatihan selama 4 hari tanpa konsumsi dan akomodasi
  • Pelatihan selama 1 minggu termasuk konsumsi dan akomodasi
  • Pelatihan selama 1 minggu tanpa konsumsi dan akomodasi
  • Pelatihan selama 1 bulan termasuk konsumsi dan akomodasi
Klinik Apitherapy
Hasil pengamatan selama lebih dari 30 tahun, sengatan lebah dapat menyembuhkan:
  • Reumatik/encok
  • Asam urat
  • Lemah Syahwat
  • Nyeri Punggung
  • Nyeri otot telapak kaki
  • telinga berdenging
  • Alergi udara debu
  • Sering pusing
  • Darah rendah/tinggi
  • Kencing Manis
  • Kolesterol
  • Sakit gigi
  • Disfungsi ereksi
  • Mata berkunang
  • Sesak Nafas
  • Masuk Angin
  • Sakit Pinggang dan betis
  • Sakit pergelangan tangan
  • Sakit tengkuk dan pundak
  • Badan sering kedinginan
  • Sulit tidur
  • Pegal-pegal
  • Sakit kepala
  • Migrain
  • Disfungsi saraf
  • Menurunkan berat badan
Alamat Istana Lebah
Komplek Wiladatika Cibubur - Jakarta Timur 13720
Telp: 021-8445104, 84598457, 98225578 Fax: 021-8445104

Share this

Indonesian Blogger | Travel Writer | Email: katerinasebelas@gmail.com |

Related Posts

Previous
Next Post »

20 comments

Write comments
11 Februari 2013 22.27 delete

Wuiiiih..lengkap banget penjelasannya. itu madu yang dijual di situ sudah tentu asli ya mbak :D

Reply
avatar
12 Februari 2013 06.53 delete

Biar ga setengah-setengah infonya mbak Eki :D
Insha Allah asli mbak. Maka itu disarankan belilah langsung di counter-counter yang terpercaya dan terjamin keaslian madu yang di jualnya, seperti : Madu Pramuka Cibubur sudah teruji secara laboratoris dan dijamin 100 % keasliannya.
Ini merupakan pernyataan langsung dari orang di sana, juga di blog madu pramuka yang ini : http://pusatperlebahanpramukacibubur.blogspot.com/2009/01/madu-pramuka-tips-membedakan-madu-asli.html

Reply
avatar
12 Februari 2013 06.53 delete

Saya tambahkan ya mbak:

Beberapa hal yang harus di ketahui mengenai madu asli :

1. Madu asli hanya dapat diketahui dengan pasti melalui uji laboratorium, dimana madu asli pasti akan mengandung 2 macam enzim yang dominan yaitu : enzim diastase dan enzim invertase.

2. Khasiat yang dirasakan oleh tubuh pada saat kita mengkonsumsi madu asli akan sangat berbeda bila dibandingkan dengan konsumsi madu palsu contohnya saja untuk penderita Diabetes jika mengkonsumsi madu asli ( baik sekali mengkonsumsi madu mahoni/madu pahitan) maka gula darahnya akan tetap normal tapi bila yang dikonsumsi madu palsu gula darahnya akan naik.

3. Bila dicampur dengan segelas air putih madu asli akan tetap mengental, tapi bila madu palsu akan langsung larut dengan air tersebut.

4. Harga madu asli biasanya mahal dan tidak dijual sembarangan, namun madu palsu harganya murah dan dijual secara sembarangan di pinggir jalan.

5. Belilah langsung di counter-counter yang terpercaya dan terjamin keaslian madu yang di jualnya, seperti : Madu Pramuka Cibubur sudah teruji secara laboratoris dan dijamin 100 % keasliannya.

Reply
avatar
12 Februari 2013 08.12 delete

Aku tiap hari nglewatin Buperta tapi belum pernah mampir.

Kak Rien dari kemaren wisatanya di Cibubur terussss. Kalo ngajak-ngajak aku pasti kusamperin dweeehh, kan deket itu dari rumah >,<

Reply
avatar
13 Februari 2013 08.11 delete

Wah iya, baru nyadar kalo 3 minggu terakhir ini wara wiri sekitar Cibubur (wisata lebah), Cileungsi (wisata buah di Mekar Sari), dan Bogor (Kebun Raya Bogor) :D

Rasanya pingin menghubungi dan memberitahu tapi khawatir mengganggu weekend Andiah dan keluarga. Apalagi weekeng waktunya Andiah bersama Raihan. Andaikata tahu tak apa, pasti sudah kk ajakin, An :(

Beberapa pekan belakangan memang sedang menggiatkan wisata di jabodetabek, khususnya peternakan dan perkebunan. Karena memang ada misi khusus. Ceilaaah :p

Reply
avatar
13 Februari 2013 10.03 delete

Kalo weekend, i'm free kak Rien. Kecuali kalau udah ada jadwal: kondangan atau undangan apaa gitu. Seringnya sih acara dadakan. Jalan-jalan sama Raihan, atau ngapain

Kalau ke Cibubur lagi kasih tau yaa ;)

Reply
avatar
13 Februari 2013 10.06 delete

Oh oke, baik An kalo gitu. Insha Allah jika ada jalan ke arah sana lagi, kakak kabarin ya. Mungkin ngabarinnya H-1 gitu ya biar bisa prepare waktu. Thanks Andiah ^_^

Reply
avatar
24 November 2013 11.27 delete

THX U INFONYA.... kalau madu untuk ibu hamil ada yang khususkah?

Reply
avatar
21 Januari 2014 15.11 delete

Terima Kasih Mba Katerina infonya sangat lengkap,
Kebetulan saya ingin membeli madu asli yang langsung dari penangkarannya, Supaya menjamin keasliannya :)

Sekalian mau ajak anak dan keluarga biar mereka tau seperti apa penangkaran lebah itu.

Salam,
Dian

Reply
avatar
4 Juni 2014 20.11 delete

Pak, minta nama&nmer hpnya utk pemesanan.... , kirim sms ke 085 2290 12315

Reply
avatar
5 Februari 2015 20.48 delete

Bs minta alamat n no tlp counter yg menjual madu pramuka, tx

Reply
avatar
5 Februari 2015 21.20 delete

Sama-sama. Silakan ditanya pada nomor telpon yang sudah saya sebutkan dalam blog di atas :)

Reply
avatar
5 Februari 2015 21.21 delete

Silakan minta no hp nya pada nomor telpon yang sudah saya sebutkan di atas. Terima kasih :)

Reply
avatar
5 Februari 2015 21.21 delete

Nomor telponnya sudah saya sebutkan dalam artikel ya mbak. Silakan dihubungi langsung :)

Reply
avatar
22 April 2015 18.40 delete

Kok beda ya mba ama yang di madupramuka.com.
Di madupramuka.com jauh lebuh mahal.
Madu kapuk 350 ml : 90.000
Madu karet 350 ml : 60.000
Dan ada cabang juga yang jual madu pramuka yang saya dapet di madupramuka.com
Jl.Pisangan Baru Timur

No. 5 Rt. 03 Rw. 15

Jakarta Timur, Tlp : 081389632791

(Dari kodim nyebrang rel kereta terus kekiri sampai depan SMK Nurul Iman)

Reply
avatar
5 April 2016 16.54 delete

Sayang waktu itu belum kenal kita ya Mba, dekat lo sama tempat aku dan aku kenal dengan Mba Dian yang di sana. ha,, ha,, ha,

Reply
avatar
7 April 2016 08.31 delete

Mbak saya mau tanya apakah produk madu istana lebah berasal dari taman wisata lebah madu pramuka??
Klo beda boleh saya minta no tlpon taman wisata lebah madu pramuka yg di buperta??
Krn yg d blog ini adanya no tlpon istana lebah..
Terima kasih sebelumnya

Reply
avatar
18 Mei 2016 07.42 delete

Masuknya bayar atau tidak ya..

Reply
avatar
27 Mei 2016 16.53 delete

Terima kasih infonya mba,,saya mau belajar ternak lebahnya, kira kira berapa biayanya ya.terima kasih seblmnya

Reply
avatar

Leave your message here, I will reply it soon! EmoticonEmoticon