Asinan Pepaya Bikin Segar dan Ngilu Jadi Satu

09.04

Pada Agustus tahun 2012 lalu, aku pernah melihat foto manisan pepaya di blog Jelajahsumbawa.com. Foto manisannya sungguh menggiurkan. Air liurku terbit! :D Apa pasal? Manisan pepaya di foto itu bukan sekedar manis dalam rasa, tapi juga cantik dalam rupa. Warnanya merah, bentuknya seperti rambut yang dikepang. Sangat unik!

Sejak saat itu aku berburu manisan pepaya. Jika pergi ke pasar, ke taman jajan, ke supermarket, kemanapun yang tujuannya asal ke tempat penjual makanan, makanan ini akan kuingat-ingat untuk dibeli. Sayangnya aku belum jua berjodoh. Bahkan hingga ganti tahun menjadi 2013, keinginan untuk membeli manisan pepaya belum juga terwujud. Di toko makanan, paling-paling yang kujumpai adalah manisan buah kiwi, manisan mangga, manisan cermai, manisan salak, manisan rambutan dll.

Hingga pada suatu hari, tepatnya kemarin hari Minggu 3 Feb 2013, aku mampir ke toko ACS yang ada di lantai dasar BSD Plaza. Toko ACS menjual berbagai macam jenis makanan. Mulai dari kue-kue kering, buah kering, aneka kripik, hingga aneka manisan dan asinan buah juga ada. Nah mendadak aku teringat manisan pepaya. Setelah lihat-lihat eh ternyata beneran ada pepaya! Tapi sungguh sayang disayang, itu bukan manisan melainkan asinan. Hahaha. Sudah kadung kepingin, jadi tetep kubeli juga. 100 gram harganya Rp 4.000,-

Yang dicari apaan, belinya juga apaan. Ya sudahlah nikmati saja. Ga nikmat tau, ngilu-ngilu nih gigi hahaha. Udah gitu irisan pepayanya juga bikin pilu. Ga cantik banget. Ya gimana juga aku kan masih membayangkan manisan pepaya yang bentuknya kayak kepangan rambut itu :D Nah, sedangkan yang ini kayak gulungan ombak.

Meskipun begitu, asinan pepaya ini tetap kuhabiskan juga. Ga bersisa. Wow, bisa ya? Bisa dunk, kan belinya cuma 100gram koma sekian, yang mana total bayarnya cuma Rp 4.800,- :)) Tau kan seapa jumlahnya? seplastik kecil. Namanya juga buat coba-coba haha. Tapiiiii....mendingan makan asinan pepaya daripada burger :D

Mari bangga dan cinta dengan makanan khas Indonesia.
Yuk mariiiiiiiiiiiii.................!


Ini foto Manisan Pepaya yang pernah kulihat itu.



Buat belajar sama-sama, siapa tahu ada yang ingin bikin asinan pepaya, yuk mari simak resepnya berikut ini. Aku salin dari blog Gudang Masakan

Cara Membuat Asinan Pepaya
Bahan :


2 kg pepaya yang mengkal
2 liter air
2 sendok makan kapur sirih
500 gram gula pasir
400 cc air mendidih
8 cabai merah dihaluskan
garam secukupnya
4 sendok teh cuka
20 biji adas utuh, kalau suka
2 gram Natrium Benzoat

Cara membuat :
  1. Kupas pepaya, buang bijinya, kemudian potong potong tipis menurut selera.
  2. Rendam dalam campuran air dengan kapur sirih selama 1 jam. Setelah itu cuci dan tiriskan.
  3. Larutkan gula dan air mendidih, kemudian masukkan cabai halus, garam, cuka adas dan
  4. Natrium Benzoat.
  5. Rendam pepaya didalamnya selama 2 malam supaya bumbu meresap.

SELAMAT MENCOBA

Share this

Indonesian Blogger | Travel Writer | Email: katerinasebelas@gmail.com |

Related Posts

Previous
Next Post »

13 comments

Write comments
5 Februari 2013 13.52 delete

mbak rien udah pernah bikkin?

Reply
avatar
5 Februari 2013 23.00 delete

membayangkan manisan pepaya kayak gulungan rambut itu kayak gmn yah..*bingung:D

Reply
avatar
6 Februari 2013 09.34 delete

Gulungan rambut? Gulungan ombaaaak teteeeeeh...salah bacakah? :))

Reply
avatar
6 Februari 2013 23.02 delete

huahahha..
kepangan rambut kamsutnya salah tulis hihihi maapkeun..:D

Reply
avatar
7 Februari 2013 08.37 delete

iyaaaaaaaa hahahha....kalo kepangan rambut tuh, yang aku liat waktu itu pepayanya kayak di jalin teh. Coba kucari lagi ya teh gambarnya. Udah nyari sebelumnya, tapi ga ketemu juga linknya.

Reply
avatar
7 Februari 2013 08.50 delete

Teh, itu foto manisan pepaya yang mirip rambut dikepang, sudah aku masukan dalam tulisan. Cantik ya penampakannya?

Reply
avatar
13 Januari 2016 11.11 delete

Kalau tidak pakai kapur sirih bagaimana bisa gak min

Reply
avatar
13 Januari 2016 11.11 delete

Kalau gak pakai kapur sirih kira kira bagaimana

Reply
avatar

Leave your message here, I will reply it soon! EmoticonEmoticon