Museum Zoologi - Bogor

14.16

Hujan tak menyurutkan langkah kami untuk memasuki Museum Zoologi yang terletak di sebelah selatan Kebun Raya Bogor (KRB). Tanpa payung dan mantel, kami menerobos hujan yang tak terlalu deras. Mobil kami parkir tepat di depan Museum, merapat ke dinding bangunan lain yang nampak muram karena dimakan usia. 

Saat turun dari mobil, adzan salat dzuhur berkumandang. Aku memandang sekeliling, ada musala di ujung kanan museum. Juga toilet. Dua pria duduk di depan, seakan mengerti bahwa kami mungkin ingin salat. Ditunjuknya musala yang sudah kami lihat itu. Perempuan berbadan tambun, terlihat menjaga sebuah meja yang di atasnya terdapat kotak uang. Restribusi WC!

Ada 3 pintu masuk museum. 1 pintu masuk berada tepat di sisi gedung bercat putih biru dengan papan nama bertuliskan Museum Zoologi. 2 pintu lagi berada di area terbuka tempat kerangka ikan paus biru terpajang setinggi atap. Kami masuk lewat pintu utama.

Museum ini didirikan atas gagasan dari JC Koningsberger, seorang ahli botani berkebangsaan Jerman yang menetap di Belanda. Pada awal pembangunannya, tempat ini berfungsi sebagai laboratorium zoologi dengan nama Landbouw Zoologisc Laboraturium.

Bangunan museum memperlihatkan sentuhan sisa masa lampau. Hal ini nampak pada bangunannya yang kental dengan nuansa Kolonial. Ruang dalam museum memiliki plafond yang sangat tinggi. Begitu pula dengan pintu-pintunya yang hampir mencapai 3meter.

Bermacam-macam koleksi hewan di pamerkan di museum ini. Dari yang kecil sampe yang besar. Dari jenis unggas hingga hewan pemangsa daging semacam harimau dan buaya. Dari yang imut lucu dan cantik sampe yang seram dan menjijikan. Hiii....tau ular? ular itu mahluk paling mengerikan dan menjijikan bagiku.

Di museum ini aku sibuk menjaga anakku yang lari sana sini. Liat ini itu. Jadi hanya sedikit sekali kesempatan untuk jeprat jepret. Kalaupun ada, ya seadanya. Iseng-iseng motret, siapa tahu ada yang menarik tuk dilihat. Eh tapi yang jelas, kalo datang langsung mah ya banyak yang menarik.

Bogor, Sabtu 26 January 2013








Share this

Indonesian Blogger | Travel Writer | Email: katerinasebelas@gmail.com |

Related Posts

Previous
Next Post »

4 comments

Write comments
29 Januari 2013 15.56 delete

Apikkk....
Ini sm tempat yg mb rien duduk di bangku2 itu ya?
Buayanya manaaaaa???

Reply
avatar
29 Januari 2013 16.23 delete

lhaa..yang dipoto cuma burungnya aja:D

Reply
avatar
30 Januari 2013 14.31 delete

Iya mbak, museumnya masih dalam kawasan Kebun Raya Bogor (KRB).

Foto buayanya jelek mbak, gelap. Setting program cameranya salah waktu itu. Di ruang reptil aku ga banyak moto, rada merinding liat kulit dan ekor hihihi

Reply
avatar
30 Januari 2013 14.33 delete

iya teh. Soalnya cantik2 burungnya. Yang lain geli. Serem. Padahal bukan hewan hidup ya :D

Reply
avatar

Leave your message here, I will reply it soon! EmoticonEmoticon