Banjir Jakarta Januari 2013

Turut prihatin atas musibah banjir yang terjadi di wilayah Jabodetabek, khususnya DKI Jakarta yang tergenangi air hampir seluruh bagian wilayah. Seumur hidup, baru kali ini melihat kondisi banjir di Jakarta separah ini. Korban jiwa dan harta tentu saja menjadi keprihatinan yang mendalam bagi saya pribadi. Di antara mereka yang menjadi korban, ada yang meninggal tersengat listrik, terbawa arus, tenggelam, kehilangan harta benda, rumah, keluarga dan kehilangan apapun yang mereka miliki. Saya menyampaikan rasa simpati, dukacita, dan belasungkawa yang teramat dalam. Semoga siapapun yang menjadi korban, diberi kesabaran dan ketabahan dalam menghadapi musibah dan ujian ini.
Foto-foto yang memperlihatkan suasana banjir pada 16-18Januari ini, saya copy paste dari berbagai sumber. Bukan untuk memperlihatkan bahwa saya menyukai keadaan ini, tetapi untuk mengingatkan kita semua bahwa fenomena alam berupa hujan deras, angin, banjir, dan apa saja, bisa melanda siapa saja dan dimana saja. Semoga menggugah kesadaran dan hati nurani kita bahwa alam tak memihak siapa, tetapi kita akan "memihak pada apa" agar banjir tak lagi melanda dan tak ada lagi yang menjadi korban.
Suasana banjir di Bundaran HI, Jakarta, Kamis (17/1/2013) 
 


ROLL ROYCE PHANTOM mogok saat di kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI)
Mobil mewah dengan banderol selangit (10 Milyar) tak jadi jaminan mampu menerobos banjir Jakarta. 17 Januari 2013 - 
Arus banjir yang memasuki basement Plaza UOB - Jakarta 17/1/2013
4 karyawan terjebak di basement 3 lantai. Tim SAR melakukan penyelaman untuk mencari korban. 




Tim gabungan berupaya melakukan pencarian korban banjir di basement Plaza UOB, Jakarta, Jumat (18/1) malam. 4 Korban yang ditemukan, 2 orang selamat, 2 lainnya meninggal.
Sejumlah petugas Search And Rescue (SAR) melakukan pencarian sejumlah korban yang diduga terjebak banjir di area parkir bawah tanah (basement) yang terendam banjir di Plaza UOB, Jakarta Pusat, Jumat (18/1/2013) Sumber Berita & Foto (Klik)


 Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mesti menggulung celana demi memantau banjir di kawasan Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (17/1/2013). Didampingi Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa, SBY memantau banjir di Istana, yang mencapai betis orang dewasa. 
 
 

Suasana kawasan Bunderan Hotel Indonesia (HI) yang terendam banjir di Jakarta Pusat, Kamis (17/1/2013). Foto: VIVAnews/Muhamad Solihin. 

Rel kereta terendam banjir akibat tanggul Banjir Kanal Barat (BKB) yang jebol di kawasan Latuharhari, Menteng, Jakarta. Kamis (17/1/2013). Foto: VIVAnews/Muhamad Solihin. Sumber Berita & Foto ( Klik)

 

Petugas membantu warga yang melintas di kawasan Grogol dengan menaiki perahu karet, Kamis (17/1/2013). Foto: VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis. Sumber Foto & Berita (Klik)

Ketua Umum PMI Jusuf Kalla mengunjungi lokasi banjir di Kampung Melayu, Jakarta Timur, Rabu (16/1/2013). Foto: VIVAnews/Ikhwan Yanuar. Sumber Foto & Berita (klik)

Sebuah mobil terendam banjir di Jalan KH Abdullah Syafii, Kampung Melayu, Jakarta, Rabu (16/1/2013). Foto: VIVAnews/Muhamad Solihin Sumber Foto & Berita (Klik)

Sejumlah warga berusaha menerobos banjir yang menggenangi Jalan KH Abdullah Syafii, Kampung Melayu, Jakarta, Rabu (16/1/2013). Foto: VIVAnews/Muhamad Solihin. Sumber Foto & Berita (Klik)

 

Anak-anak bermain air saat banjir menggenangi pemukiman mereka di Kampung Pulo, Jatinegara, Jakarta Timur, Senin (19/11/2012). Foto:VIVAnews/Anhar Rizki Affandi. Sumber Foto & Berita (Klik)

 

Sejumlah relawan mengevakuasi seorang ibu dari rumahnya yang terendam banjir di Kampung Melayu Kecil, Jakarta, Sabtu (13/2). Foto : Antara/Ujang Zaelani. Sumber Foto & Berita (Klik)

Kawasan Cempaka Putih yang tergenangi banjir hingga 50cm. Sumber Berita & Foto




Menteri Komunikasi dan Informasi, Tiffatul Sembiring, terjebak banjir di kawasan Bundaran Hotel Indonesia Jakarta, Kamis (17/1/2013), sedianya Menkominfo akan menghadiri kunjungan Presiden Argentina di Istana Negara. Banjir menggenangi jalan utama Jakarta dari Jalan Sudirman sampai depan Istana Negara RI. Sumber Foto & Berita (Klik)



Debit air di Bendung Katulampa, Bogor, Jawa Barat, pada Rabu (16/1/2013). Tinggi air Bendung Katulampa menunjukkan status siaga II. Rabu pagi, status bendungan ini sempat turun menjadi Siaga IV. "Tinggi air di Bendung Katulampa saat ini 180 centimeter. Siaga II ya. Naik lagi dari sebelumnya 90 centimeter," ujar Ade, petugas Pusdalops PB DKI Jakarta, saat dihubungi Metrotvnews.com. 



Mungkin warga Selandia Baru ini layak masuk acara bule gila di televisi. Daniel (30), saat banjir melanda Jakarta, malah asyik bermain selancar. Dengan kreatif dia menyewa motor dan meminta pengendara menariknya. Daniel berdiri di atas papan. Edan! Pantauan detikcom, Jumat (18/1/2013) di depan Museum Bank Mandiri di Glodok, Jakarta, Daniel tampak santai dengan papan selancar. Dengan baju hitam, celana pendek coklat, dan sepatu converse hitam, dia langsung pasang aksi main selancar. Sumber Berita & Foto

 

Gaya Tim Lehmann asal Jerman menikmati banjir di Jalan Thamrin Jakarta 17-1-2013





Pengungsi banjir di posko Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) di GOR Otista, Jakarta Timur, Kamis (17/1/2013) malam. Sebanyak 251 KK (795 jiwa) mengungsi dan tercatat 100 pasien dewasa dan 50 anak-anak menjalani pengobatan gratis di GOR tersebut. KOMPAS/AGUS SUSANTO



Senin, 21 Januari 2013 19:43 WIB. Petugas Evakusi 50 Mobil dari Basement Plaza UOB.Sejumlah mobil yang berhasil dievakuasi dari basement Plaza UOB, diparkir di halaman belakang gedung tersebut, di Jalan Sudirman, Jakarta Pusat, Senin (21/1). Petugas berhasil mengevakuasi 50 unit mobil terendam di basement 1 dan 2 gedung Plaza UOB. ANTARA/Reno Esnir/am *MetroTV

Evakuasi bayi usia 15 hari yang bertahan semalaman di tengah banjir. Sumber Berita & Foto 

Evakuasi bayi korban banjir Jakarta



Marinir kerahkan kendaraan tempur Amfibi. Sumber foto 


 Sumber Okezone.com

 

Seorang istri. Ibu dari dua anak remaja. Tinggal di BSD City. Gemar jalan-jalan, memotret, dan menulis.

Share this

Previous
Next Post »

8 komentar

  1. inalilahi wa inna ilaihi rojiun...
    turut berduka atas peristiwa ini..:(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berduka T_T
      Semoga keadaan lekas kembali normal ya teh

      Hapus
  2. inalilahi wa inna ilaihi rojiun.
    yang di basement itu ngeri ya mbak :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, tragis sekali kejadian di basement ini
      tim sar mesti menyelam ke kedalaman basement yg katanya sedalam 22 meter
      2 meninggal, 2 selamat. Innalillahi....
      50an jumlah mobil yang terendam di dalamnya

      Hapus
  3. satu lagi foto banjir depan rumahku mba

    http://www.facebook.com/photo.php?fbid=10200415227009167&set=pb.1410756012.-2207520000.1358784954&type=3&theater

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pay, nampaknya tak seberapa ya di rumahmu. Air tak sampai masuk. Walau demikian tetap turut prihatin karena walaupun sedikit saja, dipastikan menghalangi aktifitas untuk keluar rumah.

      Hapus
  4. Sedihnya ya Mbak :(

    Btw, akhir tahun kemarin hp ku kecopetan dua-duanya Mbak, hehehee.
    Mohon aku disms lagi ya? :)
    Nomerku sudah kuurus, jadi tetap pakai nomer yang dulu (simpati dan XL)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Innalillahi...semoga diganti olehNya dengan yang lebih baik ya Diah. Ok, mbak sms lagi nomor mbak. Thanks Diah :)

      Hapus

Leave your message here, I will reply it soon!