Temu Teman selama Perjalanan nge-Blog

15.39
Sejarah mencatat bahwa 29 April 2008 di Multiply adalah awal pertama kali saya membuat akun di dunia maya. Saat itu, saya membuat akun hanya sekedar agar bisa berkomentar di salah satu tulisan yang membahas perihal film KCB. Akun dengan nama asli, dengan tambahan S di penghujungnya dikarenakan nama akun Katerina unavailable. Huruf S yang disertakan itu merupakan inisial dari lanjutan nama Katerina.


Hari ini, 07 November 2012, 4 tahun 7 bulan usia akun saya di Multiply. Nanti, pada 01 Desember 2012, semua akun blogger di Multiply akan di hapus secara massal karena pihak Multiply akan merubah diri sebagai "tempat jualan", bukan lagi sebagai "tempat ngeblog dan berteman". (ternyata pemirsa, Des 2012 ga jadi di hapus, tapi ditunda menjadi Maret 2013. Yang mengejutkan, situs Multiply dihapus total pada Mei 2013!)

Jumlah contact saya perhari ini 267. Tadinya 270 sebelum 3 akun (tazkiatunnafs, adamdesign, ummuyusuf24) "bunuh diri". Mereka bunuh diri dengan berbagai alasan masing-masing, namun yang pasti, penghapusan akun blogger secara massal oleh Multiply menjadi penyebab utamanya. 270 contact mungkin sangat sedikit dibanding teman-teman yang telah memiliki ribuan contact selama 6-7 tahun ngeMPi. Namun buat saya sederhana saja, sedikit atau banyak, yang penting semuanya "baik dan bermanfaat untuk kebaikan".

Saya sendiri, sejak mengetahui akan terjadinya penghapusan akun para blogger pada 1 Desember 2012, mulai membuat akun baru di platform lainnya. Pilihan jatuh ke Blogspot. Sempat membuat akun juga di Wordpress, namun tak lama kemudian saya hapus karena merasa bakal ga terurus. Repot. Saya memilih mantap tinggal di Blogspot.

4 tahun usia ngeblog. Yang paling membahagiakan selama masa itu adalah saya mendapatkan banyak teman, banyak ilmu, juga banyak pelajaran hidup. Alhamdulillah.

Ketika kawan-kawan saya mengangkut semua tulisan beserta koment-komentnya dari Multiply ke blog mereka yang baru, saya hanya mengangkut sedikit tulisan aja. Seperlunya. Meski begitu bukan berarti saya tak ingin membawa serta rekam jejak dan kenangan dengan kawan-kawan yang telah saya kenal. Bagi saya, kebaikan dan keberadaan teman-teman letaknya ada di hati dan sanubari. Kemanapun saya pergi dan pindah blog, kemanapun mereka pergi dan pindah blog, kenangan dan persahabatan dengan mereka tidak pernah kemana-mana. Multiply bisa menghapus semua isi blog saya tapi tidak dengan kenangan dan ingatan yang saya simpan di hati dan pikiran saya.

270 contact, tak semuanya aktif dan tak juga pernah tersapa dengan baik oleh saya. Tak pula terjumpai secara keseluruhan. Keterbatasan waktu online, juga kesibukan di dunia nyata, membuat saya hanya bisa merealisasikan pertemuan dengan sedikit teman saja. Sedikit namun berarti. Yang belum pernah  sayajumpai, bukan berarti tak berarti. Semua sama, hanya kesempatan dan jodoh saja yang belum ada. 

* * * * *

Kemarin, hari ini dan esok, adalah zona waktu yang berbeda. Tidak pernah sama setiap kejadian yang ada didalamnya. Yang bisa dilakukan adalah menata agar setiap hari yang dititi, dan esok yang dinanti, dapat menjadi lebih baik dan berarti. Melupakan, lalu memperbaiki kesalahan yang pernah ada, dan mengambilnya sebagai pelajaran. Mengenang kebaikan yang pernah ada, lalu sama-sama saling menyemangati untuk terus bergerak menuju kebaikan. Semoga itu yang akan selalu menautkan saya dengan mereka, dalam persahabatan yang dijalin dengan hati, bukan dengan maki, apalagi benci.

Banyak cerita terangkai selama perjalanan ngeblog di MP, bahkan banyak pelajaran didalamnya yang begitu keras "menghajar" diri dari berbagai sisiWalau demikian, saya bahagia karena pada akhirnya, saya "memanen" berkuntum-kuntum bunga cerita yang cantik dan indah. Ending yang sangat bahagia. 

Ah...! Ya....semua adalah tentang bagaimana cerita pada akhirnya, bukan pada awalnya. Bukan tentang darimana berasal, tapi akan kemana kemudian ketika semua pergi. 


Tanggal: 07 Januari 2010 
Tempat: The Buffet Plaza Semanggi Jkt 
Kopdar: Larass, Fahri (daffari), Diah (luvummi), Suri (ulict) & Asma (lupa ID nya :D )
Sorenya jumpa mbak Retno di kediamannya di Jakarta Barat

Tanggal: 17 Januari 2010
Tempat di Aceh 
Kopdar dengan Lia (sisukahijau) dan Uli


Tanggal: 9 Agustus 2010 
Tempat: Bandara Soekarno Hatta
Kopdar: dek Nuril Anisa (noorreal90), MPers Aceh dan Wanti 


Tanggal: 26 September 2010 :
Tempat: Mall Taman Anggrek Jakarta Barat
Kopdar: Alm.Nita dan Larass
 


Tanggal: 24 Oktober 201
Kopdar: Eri (binarlangitbiru), Ivone (ivoniezahra), alm.Nit, Eri.
Tempat: Mall Citraland Jkt Barat dan Hotel Ibis Jkt Barat. 

 18 Desember 2010 :
July ID daun2kering (pertama kali jumpa). Kopdar di Bakmi Pelangi BSD

Tanggal: 26 Desember 2010
Tempat: Bekasi, di acara walimahan Icad (ketapelgaza) dan Shary (akupenuliskacangan). 
Kopdar: Nisa (nisachem05), Melya (lyakeyen), Buje (setobuje), Suly (ikhwatiislam), Suri (ulict), July (daun2kering), Bang Fitrah dan mbak Tamam.


26 Desember 2010:
Acara kumpul Blogger Bekasi di Bekasi Cyber Park. Untuk pertama kalinya jumpa dengan mas Amril, guru ngeblog yang selama ini saya kagumi sepak terjangnya di dunia perblog-kan. Datang ke acara itu sama Suri (ulict).


Tanggal: 31 Des 2010
Kopdar : Eri (binarlangitbiru), Eva (dia sendiri lupa ID nya hihi) danTien. 
Tempat: 21 WTC Serpong, nonton film Dalam Mihrab Cinta dan Makan Bakmi Pelangi di BSD. 


Tanggal: 26 Februari 2011
Tempat: Samarinda, Kaltim. 
Kopdar: Mbak Siska mak'e Nanda :D



Tanggal: 12 Maret 2011
Dalam kegiatan Go Green oleh komunitas Satu Cinta, ternyata ada 2 Mpers yang bergabung dalam komunitas ini (selain Eri dan Eva) yaitu mas Eko (uwantoknow) dan Nani (rcnani). Kopdar di Masigit Kareumbi, Cicalengka, Bandung.


Tanggal: 25 Maret 2011
Udung family yg datang dari Yogya :  Tari (riefighter), Fatih (laptopmini), Fathan (ga hafal ID nya), Dzi (ga hafal Idnya), Ina, dan Suri (ID ulict, MPers JKT ini mah). Kopdar di Jakarta (Tamini Square, Monas, Mesjid BI dan terakhir di Plaza Semanggi).

Tanggal: 29 Juni 2011
Tempat: Bakmi Naga, BSD Serpong
Kopdar: Mas Suga, Mbak Febi, bawangijo, grasakgrusuk, othrie, alm.Nita.
 


Tanggal:23 Juli 2011
Di Ultah ke 7 MPID Pejaten Jaksel. Pertama kali jumpa Bunda Rani, Mus, Mbak Eva, Mbak Ari.


Tanggal: 16 November 2011
Di pemakaman alm. Nita, tak sengaja berjumpa mas Wib dan Mbak Arni (itsmearni). Ada Eri dan Larass juga.




Tanggal: 19 November 2011
Jumpa pertama kali dengan mas Rifki (jampang) dan Syaikhan di ITC Permata Hijau bersama Eri dan Eva. Pertemuan dengan mas Rifki ini terlaksana setelah kami (aku, eri dan Eva) kondangan ke walimahan Nia di Jkt Pusat. Di acaranya Nia ketemu Mpers yg sudah beberapa kali ketemu. Siapa lagi kalau bukan Eri, Suly, dan Lina (semangatdafa) :D


Tanggal: 25 Februari 2012
Lokasi: Pantai Balekambang, Malang.
Kopdar: Ihwan, Fatah, Ivon


17 Juni 2012 :
Tempat: Rumah Makan Gubug Udang Cibubur. 
Kopdar: Kiki (azizrizki), Rahmat (mat2174), Aisha (aishachan), Lia (aptx7486), Opay (opaytwo), Nia & suami, Lina, Hari, Eri, Nisa, Larass.


Tanggal: 27 Juni 2012
Kopdar: Anty (Cinderellazty)
Tempat:  Depok, rumah Anty


10-12 Juli 2012 :
11 Juli Kopdar dgn: Desi (malambulanbiru), Ve (puritama), Mbak Indri (ummuyusuf), dan Rama (ramarizana). 
Tempat: Pantai-Pantai di Gunung Kidul Yogyakarta
 10 Juli, kopdar lagi dengan Fatih (laptopmini) dan Tari (riefighter) di Mang Engking Bantul

 12 Juli, kopdar dengan Mus (moestain) di Edelweiss, Yogyakarta

* * * * *
Sampai disini cerita kopdarnya. Semoga ada kesempatan lagi di lain waktu, berjodoh waktu dan kesempatan untuk bersilaturahmi di alam nyata, pada waktu yang berbeda, cerita yang berbeda, dan dalam kisah yang lebih indah. Entah pada tempat dan waktu yang mana. Entah seperti apa dan bagaimana caranya. Hanya DIA saja yang tahu. Saat ini, berdekatan atau berjauhan, hanya soal jarak. Tapi ada doa yang bisa saling mendekatkan satu sama lain.


Terima kasih untuk segalanya, kepada semuanya ^_^

Share this

Indonesian Blogger | Travel Writer | Email: katerinasebelas@gmail.com |

Related Posts

Previous
Next Post »

4 comments

Write comments
6 November 2012 19.19 delete

Syukur alhmdulillah sudah ketemu bnyak orang ya teh...duh terharu bgt bacanya jd inget masa2 kejayaan ber-OOT ria dipostingan..hikssss....

Reply
avatar
7 November 2012 07.51 delete

nggak ada dimanapun di foto di atas
huahuahuahuaaa...XD

Aku juga mau bikin tulisan ttg multiply, Kak Rien
Tapi waktu itu moodnya keburu ilang
mungkin nanti2 deh, buat kenangan
sediiihh.... :'(

Reply
avatar
7 November 2012 09.38 delete

Alhamdulillah teh, belum seberapa banyak jika dibanding dengan kopdarnya teman2 yang lain. Tapi tetap Alhamdulillah :)
Moga suatu hari aku juga berkesempatan kopdar dengan teteh ya.

Ah iya, aku ga kan pernah lupa dengan ke-oot-an yang pernah terjadi saat berkomentar di MP. Hal yang mungkin akan sulit dijumpai lagi. Kini tinggal kenangan :)

Tapi yang penting, kita tetap tersambung dan terhubung, dimanapun kita berada. Walau tidak lewat blog dan socmed, ada DOA yang bisa saling mendekatkan. Insha Allah.

Reply
avatar
7 November 2012 09.43 delete

Ah Andiah.... tanpa harus ada fotonya pun, Andiah tetap ada dalam ingatan kak Rien :)

Iya An, menulis tentang Multiply memang bikin moody. Setiap ingat kebersamaan yang pernah terjadi, seperti merasa akan kehilangan selamanya ya. Bukan cuma soal teman, tapi apa-apa yang kita dapati selama bercontact di MP.....
Nanti kalau sudah mood, coba ditulis ya An. Kak Rien akan baca :)

Reply
avatar

Leave your message here, I will reply it soon! EmoticonEmoticon