Kumbang Rupawan di Pengalengan

10.24
Dua Kumbang rupawan ini kutemukan bersama anakku kala berada di Pengalengan, Bandung Selatan. Begitu spesial karena kedua kumbang ini baru pertama kali kami temui hidup-hidup. Kusebut hidup-hidup karena sepertinya kami pernah melihatnya dalam keadaan mati-mati (dua mati hihi) sewaktu di Museum Serangga TMII. Selain itu kedua kumbang ini warnanya sangat cantik, dan Alhamdulillah bisa mengambil gambarnya dengan (lumayan) cantik.


Kumbang Coklat

Bersembunyi di pangkal daun tanaman hias di halaman depan Resort Citere yang kusewa di Lembah Wayang. Aku tak tahu nama tanamannya. Tanaman hias ini serupa pohon nanas. Nah, kumbang ini berada di kelopak daun paling atas. Hampir tak terlihat. Ketika daun yang menutupinya kusingkap, ia bergerak, berjalan sangat perlahan. Dengan tangan kiri menahan daun, tangan kanan memegang kamera, aku membidik gambarnya. Siapa kamu hai kumbang? Apa namamu? Sampai saat ini aku masih mencari tahu tentangmu.
[Pengalengan, Bandung Selatan, Senin 19 Nopember 2012)




Kumbang Hijau 
Kulitnya hijau terang berkilauan, apalagi kala ditimpa cahaya. Bersayap keras. Kaki berduri. Tidak suka mencengkeram tapi sekalinya mencengkram sulit dilepas kecuali dia melepaskan kakinya sendiri.
Tidak banyak gerak. Jika terbalik/telentang sulit kembali pada posisi normal. Tidak tahu dari mana asalnya. Ia sendirian berada di lantai balkon hotel Puri ketika ditemukan. Aku berusaha mencari tahu dengan cara searching di Google. Seorang Fotographer (ilambra.blogspot.com) pernah menemukannya di Jayapura. Di flickr LoveBorneo, kubaca kumbang hijau ini disebut Green Scarab Beetle.
[Pengalengan, Bandung Selatan, Kamis 22 Nopember 2012)

Share this

Indonesian Blogger | Travel Writer | Email: katerinasebelas@gmail.com |

Related Posts

Previous
Next Post »

2 comments

Write comments
27 November 2012 14.45 delete

kl yang bawah dikampung saya namanya gele..tapi warnanya hitam nggak hijau..

Reply
avatar
29 November 2012 11.02 delete

Yang hitam aku sering ketemu dan liat teh, yang hijau ini bener2 baru kali ini. Makanya rada heran juga. Kusebut dia kumbang nyasar :D

Reply
avatar

Leave your message here, I will reply it soon! EmoticonEmoticon